10 Ribu Pohon Ditanam di Hutan Kota Witanaharja Pamulang

By: kabartangsel.com Selasa, 16 Oktober 2012

Pamulang – Kampanye gerakan penghijauan melalui penanaman pohon terus gencar dilakukan Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Termasuk membuat hutan kota di kawasan Witanaharja, Pamulang, bersama Bank Permata dengan menanam 10 ribu pohon.

Walikota Airin Rachmi Diany, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan penanaman pohon hendaknya tidak hanya dijadikan sebuah acara serimonial saja. Penanaman pohon ini harus terus dijaga dan dirawat agar hutan kota yang mampu mencegah pencemaran udara dapat diserap oleh beragam tanaman.

”Kami berharap kegiatan ini terus dilakukan, tidak hanya Bank Permata saja yang melakukan penanaman pohon namun juga yang lainnya,” kata Walikota Airin, dalam sambutannya akhir pekan kemarin.

Pada kesempatan penanaman 10 ribu batang pohon itu secara simbolis dilakukan oleh Walikota Airin. Menggunakan alat cangkul, Walikota menanam satu batang pohon sawo kecik di lokasi yang sudah disediakan.

Kegiatan simbolis penamanam pohon ini juga diikuti oleh sejumlah direksi dari pejabat lembaga eksekutif dan legislatif Kota Tangerang Selatan lainnya. Termasuk kalangan pewarta dari berbagai media massa harian yang turut hadir dalam kegiatan penanaman pohon tersebut. “Ayo kawan-kawan wartawan ikut menanam,” pintanya.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangerang Selatan – Rahmat Salam, menjelaskan, ada sepuluh lahan fasos dan fasum yang akan diserahkan pihak swasta pengembang perumahan. Pemerintah Daerah melalui BLHD dan Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) dalam waktu dekat juga akan melakukan penanaman di lahan tersebut.

“Sepuluh lahan fasos fasum tersebut diantaranya di wilayah Bintaro, Pamulang 2, Witanaharja Pamulang dan sebagainya,” jelas Rahmat salam.

Rahmat Salam mengatakan, hingga Oktober ini BLHD Kota Tangerang Selatan telah melakukan penanaman ribuan batang pohon yang tersebar di tujuh kecamatan. Pada November mendatang, aksi penanaman sejuta pohon pun akan dilakukan bekerjasama dengan tiga Bank yang ada di Tangerang Selatan.

“Ketertarikan perusahaan tersebut, dikarenakan memiliki komitmen yang sama, untuk sama-sama melakukan penghijauan di Tangsel ini,” terangnya.

Direksi Bank Permata pun tak mau ketinggalan. “Ini program pertama kami di Tangsel. Total, dari 550 ribu pohon yang kami tanam tahun ini, di Tangsel kami alokasikan 10 ribu pohon. Dan kedepan akan kami tambah lagi,” ungkap Timoty Utama, Direktur IT dan Operations Bank Permata.

Menurut Timothy Utama, penanaman ini dilakukan selama enam bulan kedepan. Pihaknya akan memberikan perawatan atas pohon-pohon yang telah ditanam. “Penamanan ini akan terus dilanjutkan sampai genap jumlahnya 10.000 pohon. Dimulai hari ini (kemarin) hingga 4 November mendatang,” singkatnya.

Pada penanaman kali ini, bukan hanya pohon sawo kecik dan srikaya saja. Namun, jenis pohon lain, seperti flamboyan, jabon, mahoni, sengon, trembesi dan tanjung, serta 100 pohon langka yang terdiri dari jamblang, buah boni, gandaria, lobi-lobi, rukem, rambutan rapiah, kweni, serta mengkudu ikut ditanam di hutan kota Wintanaharja tersebut.

Timothy mengatakan, 10.000 pohon ini tidak hanya ditanam di hutan kota witanaharja saja. Namun, juga tersebar yakni di sekolah SMA 9, di hutan kota yang ada di Jombang dan sebagainya. Bank Permata tidak hanya melakukan penanaman pohon di Tangerang Selatan saja. Namun, juga melakukan penanaman di wilayah lainnya.

“Kita memberikan tanaman langkah ini untuk sama-sama ditanam dan dirawat bersama, sehingga Tangsel menjadi lebih asri dan hijau,” harap Timothy. (bpti-tangerngseltankota.go.id)


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

View Non AMP Version