Pondok Aren

93 Calon Jemaah Haji Asal Pondok Aren Ikuti Bimbingan Manasik di Masjid Ar-Rayhan

Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pondok Aren mengadakan Bimbingan Manasik (Bimsik) Haji, Kamis (26/05/2022) yang diadakan di masjid Ar-Rayhan, Pondok Aren. Manasik haji ini diadakan selama empat hari.

Kegiatan Bimsik dibuka oleh Camat Pondok Aren, Hendra, dan dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Tangsel yang diwakili oleh staf Bimas Islam, Budi Heryawan, Kepala KUA Pondok Aren, Ahmad Phudolli, staf KUA, dan para calon jemaah haji se-kecamatan Pondok Aren berjumlah 93 orang.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan, Hendra menyampaikan terima kasih kepada KUA Pondok Aren yang telah mengadakan kegiatan Bimsik tersebut.

Advertisement

“Saya cuma berpesan saat menjalankan ibadah haji harus meningkatkan kesabaran dan keikhlasan agar dapat melaksanakan ibadah haji secara sempurna dan menjadi haji yang mabrur,” ujarnya.

Dirinya juga mohon doa agar para pemimpin khususnya di kecamatan Pondok Aren selalu sehat dan dapat menjalankan amanah dengan baik.

Sementara itu, Kepala KUA Pondok Aren, Ahmad Phudolli, menegaskan seluruh jemaah haji harus mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir, agar memahami seluruh materi secara utuh.

“Alhamdulillah pembagian Kloter telah diumumkan, tinggal kita menunggu nama-namanya. Insya Allah 1-2 hari ke depan akan segera diumumkan” ujarnya.

Advertisement

Dijelaskannya, jemaah haji Tangsel terbagi menjadi tiga Kloter. Dua Kloter pada gelombang pertama, dan 1 Kloter pada gelombang kedua. Pemberangkatan pertama pada tanggal 11 Juni 2022.

“Jadi bapak ibu dari sekarang harus sudah menyiapkan apa saja yang perlu dibawa. Yang tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan. Mulai membiasakan olahraga jalan kaki setiap hari, karena di sana semua tahapan ibadah haji memerlukan stamina yang prima,” pesannya.

Ditambahkannya, Narasumber manasik adalah orang-orang yang memiliki kapabilitas sebagai pembimbing manasik haji yang dibuktikan dengan sertifikat pembimbing haji profesional.

Setelah acara pembukaan dilanjutkan pemaparan materi pertama oleh Humas Kemenag Tangsel, Azharul Fuad Mahfudh, menyampaikan materi “Akhlak Jemaah dan Budaya Arab”.

Advertisement

Materi tersebut perlu disosialisasikan untuk menambah keamanan dan kenyamanan jemaah haji saat berinteraksi dengan penduduk lokal, termasuk memahami watak dan kebiasaan orang Arab sehingga tidak terjadi kesalahpahaman. (afm/fid)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

View Non AMP Version