Tangerang Selatan

Acara Halal Bihalal Umat Beragama, Abdul Rojak: Tangsel Toleran, Moderat dan Rukun

Acara Halal bihalal Forum Silaturahmi Umat Beragama (FSUB) di Tangerang Selatan pada hari ini Senin (30/5) bertemakan “Merajut Harmoni Menuju Tangsel yang Toleran, Moderat dan Rukun” sangat menarik , karena berhasil menyampaikan pesan kerukunan bagi publik

Kerukunan itu terasa dalam kehadiran peserta lintas umat beragama, dengan menyampaikan ke media, peserta bernama Wahyu Wibisono dari Laskar Anggrek tentang pentingnya persatuan meski beda agama, Nano dari penganut Katolik dibaptis karena sarana tokoh toleransi D. Imanuddin Abdurohim dan Anton menyatakan bahwa dialog ini sangat penting dalam kerukunan beragama.

Respon peserta itu lahir setelah mendengarkan pemaparan materi dari Media Zainul Bahri Guru Besar UIN Jakarta Rivo Dery Kumara Margiono Tokoh Pemuda Lintas Agama dan Khairul Soleh Kesbangpol Tangsel dengan pemandu acara Abdul Rozak Kepala Kemenag Serang sekaligus Ketua Forum Silaturahmi Umat Beragama (FSUB) Tangsel.

Media Zainul Bahri mengatakan bahwa dialog lintas agama menjadi penting karena dalam semua ditempatkan sebagai saudara dalam rumah besar NKRI.

Advertisement

“Kita harus berprinsip berteologi secara ekslusif dan bersosial secara inklusif. Jangan pernah menganggap beda agama menjadi tidak bergaul,” pesannya yang diamini para peserta.

Menanggapi itu Rivo Dery Kumara Margiono selaku menyampaikan bahwa kerukunan itu bisa dilakukan dalam bentuk sederhana, dari cara menyapa pada sesama umat agama lain, sampai jika memungkinkan mengadakan acara bareng-bareng.

“Saya berharap nanti bisa lebih, termasuk juga mengadakan kegiatan bareng antar umat beragama. Semacam konser musik menggaet anak muda antar umat beragama,” pinta dia.

Di akhir pembahasan Kharul Soleh selaku kepala Kesbangpol Tangsel mewanti-wanti momen kontestasi yang sebentar lagi dimulai jangan sampai mengontak kerukunan.

Advertisement

“Kata ibu Airin, Tangsel itu rumah kita bersama. Mari kita jaga dengan tetap mempererat kerukunan. Kan pilkada dan pemilu sebentar lagi. Mari berkompetisi secara sehat tanpa harus mengorbankan rumah kita bersama,” pesannya

Di akhir acara, Abdul Rozak menyampaikan terima kasih atas kehadiran semua elemen lintas agama. Rozak berharap acara Halbil ini menjadi mata rantai dari kerukunan umat beragama yang selama ini telah sudah dibangun di Tangsel.

“Mari kita kuatkan silaturahmi antar umat beragama, menuju Tangsel toleran, moderat dan rukun,” pungkasnya. (red)

Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

View Non AMP Version