Akhir 2013, Pembangunan Flyover Gaplek AKan Direalisasikan

By: kabartangsel.com Selasa, 16 Oktober 2012

Untuk mengurai kemacetan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, terus mengejar rencana pembangunan flyover (jembatan layang) di simpang Gaplek, Pamulang, Kota Tangsel. Ditargetkan, realisasinya dapat dilaksanakan akhir 2013.

“Sampai akhir tahun 2012 ini, proses pembebasan lahan terus diupayakan selesai,” terang Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kota Tangsel Dendi Priyandana di Pamulang, Selasa (16/10).

Dendi mengutarakan, setelah pembebasan lahan rampung, pihak Kementerian Pekerjaan Umum (PU) sudah dapat memastikan detail engineering design (DED) sebelum membangun flyover.

Realisasinya, pembangunan flyover Simpang Gaplek membutuhkan lahan tak kurang dari 16 ribu meter persegi. Di mana, lahan tersebut akan berdiri

jembatan sepanjang 700 meter dan sisanya akan dibangun untuk jalan putar (u-turn) serta pelebaran jalan yang ada disisi kanan dan kiri bawah jalan layang tersebut. “Anggaran pembangunan semua dari pusat sebesar Rp160 miliar lebih. Pemkot Tangsel hanya melakukan pembebasan lahan saja,” paparnya.

Dendi menjelaskan, pihaknya juga sedang merencanakan pelebaran jalan di sejumlah arus lalu lintas di Kota Tangsel. Antara lain, pelebaran dan pembangunan Jalan Ciater, Jalan Siliwangi, serta Jalan Puspiptek.

Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, pembangunan flyover Simpang Gaplek bertujuan untuk mengurai kemacetan yang terjadi. Padatnya lalu lintas di lokasi tersebut, menurut Airin, mengingat wilayah tersebut merupakan akses penghubung antara Kota Tangsel, Jakarta Selatan, dan Kabupaten Tangerang. (Micom/Kabartangsel.com)


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

View Non AMP Version