Cek Fakta

Anies Baswedan Batal Nyapres 2024? Cek Fakta Sebenarnya!

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi batalnya Anies Baswedan maju ke Pilpres 2024. Hingga saat ini, tidak ada informasi valid mengenai hal tersebut.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

Advertisement

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1684308942.08885/screenshot.png (TIKTOK)

=====

[NARASI]: “AN13S B4SWED4N R3SM1 B4T4L M4JU P1LPR3S 2024 SURY4 P4L0H R3SM1 BUB4RK4N K04LISI”

Advertisement

=====

[PENJELASAN]:

Akun Tiktok anies.baswedan.nasdem mengunggah video dengan klaim Anies Baswedan batal maju sebagai Calon Presiden pada Pemilu 2024. Hal ini dikaitkan dengan pembubaran koalisi yang dilakukan oleh Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh.

Namun pada video tersebut tidak ada narasi yang menjelaskan batalnya pencapresan Anies Baswedan ataupun pembubaran Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) oleh Surya Paloh.

Advertisement

Setelah melakukan penelusuran, isu serupa pernah beredar sebelumnya melalui media sosial Facebook. Dikutip dari Kompas, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menganggap KPP banyak digoda untuk pecah karena punya nilai jual. Surya Paloh percaya, Partai Demokrat bakal memegang teguh nota kesepakatan yang ditandatangani bersama PKS dan Nasdem saat mendirikan KPP, yakni mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Hingga saat ini, tidak ada informasi valid yang menyatakan bahwa KPP bubar dan membatalkan pencalonan Anies Baswedan sebagai Presiden pada Pemilu 2024 mendatang.

=====

[REFERENSI]:

Source:Turnbackhoaks

Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version