BATAN Gelar Pertemuan Ilmiah Tentang Manfaat Nuklir

By: kabartangsel.com Kamis, 3 November 2016

Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) kembali menggagas pertemuan ilmiah untuk membahas fungsi lain dari reaktor nuklir.

Deputi Sains dan Aplikasi Tenaga Nuklir Batan, Prof. Dr. Ir. Efrizon Umar, MT, menjelaskan bahwa reaksi inti yang dihasilkan oleh reaktor nuklir memiliki dua fungsi. Yaitu sebagai penghasil panas dan neutron.

”Setiap kali reaksi akan menghasilkan populasi neutron untuk memproduksi radioisotop dan penelitian bahan material logam. Dari radioisotop akan berguna bagi industri farmasi. Analisa aplikasi neutron lainnya akan berguna misalnya untuk mengkarakterisasi struktur bahan secara teliti dan jelas,” kata Efrizon, Rabu (2/11).

Memperjelas pernyataan Efrizon, Kepala Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju, Gunawan, memaparkan bahwa Batan sudah melakukan rangkaian penelitian terkait penggunaan paparan neutron pada bahan baterei, magnet, bahan tahan suhu tinggi dan produk kesehatan.

”Batan melalui Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju sudah melakukan beberapa kerja sama dengan industri nasional untuk melakukan inovasi. Seperti dengan PT. Astra Otoparts Cikarang untuk pengembangan baterei otomotif, dengan PT. Sigma Utama untuk pengembangan kandungan magnet pada cat yang mampu menimbulkan efek anti radar dan PT. Alkorindo untuk pengerasan gir sehingga lebih keras dan tahan aus,” tutur Gunawan.

Melalui pertemuan ilmiah ini, kepala Batan Djarot S. Wisnusubroto, mengharapkan masyarakat bisa melihat sisi lain dari teknologi nuklir, bukan hanya terpaku pada rasa takut akan efek radiasi nuklir. (mri/fid)


View Non AMP Version