Cek Fakta

Beredar Hoaks Anies Baswedan Berkali-Kali Salah Mengucapkan Sumpah Jabatan

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Video tersebut telah diedit. Faktanya Anies Baswedan hanya mengulang sebanyak satu kali kalimat sumpah jabatannya karena ada beberapa kata yang terlewat untuk disebutkan.

Selengkapnya ada di penjelasan.

Advertisement

=====
[KATEGORI]: MANIPULATED CONTENT/Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
archive.vn/aoE6f

=====
[NARASI]:

“Ayo…Salah nya Dimana Sampai Harus Diulang2… Sumpah jabatan nya”

Advertisement

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah video di media sosial Facebook yang menampilkan acara pelantikan dan sumpah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Di dalam video tersebut dapat dilihat bahwa saat mengucapkan sumpah, Anies mengulang sebanyak lebih dari 3 kali akibat kurang tepat mengulangi kalimat yang disampaikan Presiden Joko Widodo.

Namun saat ditelusuri lebih lanjut, video yang beredar ini merupakan sebuah hoaks. Melansir dari video pelantikan Gubernur DKI Jakarta yang disiarkan melalui Youtube CNN Indonesia, terlihat gubernur terpilih, Anies Baswedan, tidak mengulang sumpah berkali-kali seperti yang ada di dalam video Facebook tersebut. Di dalam video aslinya, Anies hanya mengulang salah satu kalimat sumpah sebanyak satu kali karena ada kata-kata yang terlewat untuk disebutkan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa video Anies Baswedan yang berkali-kali mengulang sumpah jabatannya merupakan video hoaks kategori manipulated content atau konten yang dimanipulasi.

Advertisement

=====
[REFERENSI]:

 

Turnbackhoaks

Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

View Non AMP Version