Ciputat Timur

Burhanuddin Muhtadi Luncurkan Buku “Perang Bintang 2014”

Buku Perang Bintang 2014 (Kompas)

Pengamat politik dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanuddin Muhtadi meluncurkan buku “Perang Bintang 2014, Konstelasi dan Prediksi Pemilu dan Pilpres” di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kamis (21/2/2013).

Peluncuran buku dihadiri oleh Wakil Presiden 2004-2009 Jusuf Kalla, Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Endriarto Sutarto, dan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Komaruddin Hidayat.

Burhanuddin membagi bukunya dalam tujuh bab, yakni Konstelasi dan Kontestasi Calon Presiden Jelang Pilpres 2014, Prospek Elektoral Partai Dalam Pemilu 2014, Deparpolisasi dan Gejolak Politik Elektoral, Dilema Pendanaan Partai di Tengah Pusaran Korupsi Politik, Perilaku Politik Elite Dalam Koalisi Presidensial, Oligarki dan Kartelisasi Partai Politik, dan Faksionalisasi Versus Kelembagaan Partai: Urgensi Redesain Sistem Kepartaian.

Dalam bukunya, Burhanuddin mengulas krisis capres alternatif 2014, perang antarpurnawirawan jenderal TNI dalam Pilpres, capres Independen. Dibahas pula polemik di Partai Demokrat pascaterjeratnya M Nazaruddin. Kasus Nazaruddin turut menyeret kader Demokrat lain hingga dan akhirnya menyebabkan elektabilitas Demokrat merosot.

Burhanuddin juga mengulas pernikahan Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas dan Siti Rubi Aliyah Rajasa alias Aliyah. Pernikahan itu disebut “koalisi cinta” dua partai biru, yakni Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional.

Advertisement

Dosen Ilmu Politik FISIP UIN itu juga membahas memanasnya suhu politik jelang pemilu, prospek partai baru dan partai Islam, hingga perubahan Partai Keadilan Sejahtera setelah menjadi partai terbuka. Kemenangan Joko Widodo alias Jokowi dalam Pilgub DKI Jakarta juga diulas, dan berbagai isu politik lainnya. (Kompas/@kabar_tangsel)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version