Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Anies Teken Kontrak Dengan Al Khathath

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila (Universitas Diponegoro)

Hal tersebut tidak benar. Gambar yang diklaim merupakan isi tanda tangan kontrak Anies Baswedan dengan Al Khathath adalah kampanye hitam yang menyerang Anies pada Pilkada 2017 lalu. Anies juga menegaskan bahwa tanda tangan tersebut bukan miliknya.

= = = =

KATEGORI: Misleading content atau konten yang menyesatkan

Advertisement

= = = =

SUMBER:
Facebook (https://bit.ly/3pGGPyA)
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2021/10/hoaks-jejak-digital-anies-sandi-teken-kontrak-syariah.pdf (link arsip sumber)

= = = =

NARASI:

Advertisement

(narasi dalam gambar)

“Jejak digital Anies sandi teken akad kontrak jika menang pilgub akan nurut pada Al khathath alias Gatot saptono Cs! Kami tidak lupa wan tentang jualan ayat dan politik identitasmu !!”

= = = =

PENJELASAN:

Advertisement

Beredar sebuah narasi dalam grup Facebook Bhinneka Tunggal Ika oleh akun Cjdw Bhisma yang menampilkan sebuah tangkapan layar unggahan Twitter akun @Dionbonjovi181. Narasi dalam tangkapan layar tersebut menampilkan sebuah gambar yang diklaim merupakan tanda tangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam kontrak dengan Al khathath.

Setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk kampanye hitam yang ditujukan kepada Anies Baswedan pada Pilgub tahun 2017 lalu. Melansir dari laman berita Tempo, Anies mengatakan bahwa tanda tangan tersebut bukan tanda tangan aslinya dan narasi tersebut adalah fitnah.

Dengan demikian, narasi yang diunggah dalam grup Facebook Bhinneka Tunggal Ika oleh akun Cjdw Bhisma tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

= = = =

Advertisement

REFERENSI:

  1. https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/gNQGqMwk-cek-fakta-anies-terlibat-kontrak-politik-dengan-hizbut-tahrir-indonesia
  2. https://pilkada.tempo.co/read/857338/beredar-kontrak-politik-soal-syariat-islam-anies-itu-fitnah

Penulis: Nadine Salsabila
Editor: Bentang Febrylian

Copyright ©

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version