Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] ATRIBUT DAN BALIHO ANIES DIBAKAR

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya video tersebut berisi acara jalan sehat yang dilakukan Anies Baswedan di Stadion Si Jalak Harupat dan sama sekali tidak menampilkan atribut maupun baliho Anies yang dibakar.

====

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

====

Advertisement

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1674836955.461566/singlefile.html

====

[NARASI]: BREAKING NEWS.!!
ATRIBUT & BALIHO ANIES, DIBAK4R
PENOLAKAN KAMPANYE, DIBANDUNG MENGERIKAN (Dalam thumbnail}

Nasdem Ketar-ketirAnies Berduka Di Bandung, Penolakan Kampanye Mengerikan (Dalam Judul)

====

Advertisement

[PENJELASAN]:
Channel youtube KABAR POLITIK pada tanggal 24 Januari 2023 mengunggah video dengan narasi yang menyatakan bahwa atribut dan baliho anies dibakar serta Anies ditolak berkampanye di Bandung.

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut berisi acara jalan sehat yang dilakukan Anies Baswedan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung yang identik dengan video yang diunggah oleh channel youtube Metro dengan judul “Ribuan Warga Antusias Sambut Anies Baswedan di Stadion Jalak Harupat” pada 22 Januari 2023.

Thumbnail dalam video tersebut juga merupakan gambar yang telah diedit. Dalam thumbnail tersebut menampilkan atribut kampanye bergambarkan Anies yang sedang dibakar oleh massa.

Setelah ditelusuri, foto asli dari thumbnail tersebut merupakan foto yang identik dengan foto yang telah tayang di kompas.com dengan judul “Demo Kenaikan Harga BBM, Ratusan Mahasiswa Robohkan Gerbang DPRD Bandar Lampung,” pada 7 September 2022.

Advertisement

Berdasarkan penjelasan diatas, klaim bahwa atribut dan baliho Anies dibakar tidak terbukti dan termasuk dalam konten yang dimanipulasi.

[REFERENSI]:
https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-atribut-dan-baliho-anies-dibakar-pendemo-di-bandung-simak-faktanya.html

https://regional.kompas.com/read/2022/09/07/195256178/demo-kenaikan-harga-bbm-ratusan-mahasiswa-robohkan-gerbang-dprd-bandar

Source:Turnbackhoaks

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version