Cek Fakta: [SALAH] BPJS Indonesia Bagi Dana Bantuan dari Kantor Pusat

By: kabartangsel.com Rabu, 14 April 2021
[SALAH] BPJS Indonesia Bagi Dana Bantuan dari Kantor Pusat

Hasil Perika Fakta Fathia Islamiyatul Syahida (Universitas Pendidikan Indonesia)

Situs bit.ly/Bpjsindonesia2021 tidak resmi dan BUKAN milik BPJS. Dilansir dari laman resmi BPJS Indonesia tidak ada informasi terkait penerimaan atau pembagian dana bantuan dari kantor pusat. Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kediri Hernina, Agustin Arifin menyatakan bahwa laman resmi BPJS diakhiri dengan domain go.id.

= = =
Kategori: Konten Palsu
= = =
Sumber: Tangkapan Layar SMS

= = =
Narasi:
“Anda Menerim4 D4n4 B4ntu4n D4r1 Kantor Pusat Untuk Info bit.ly/Bpjsindonesia2021”

= = =
Penjelasan:

Beredar pesan melalui SMS yang berisikan “Anda Menerim4 D4n4 B4ntu4n D4r1 Kantor Pusat Untuk Info bit.ly/Bpjsindonesia2021”. Berdasarkan penelusuran, di laman resmi BPJS tidak ada informasi yang berkaitan dengan penerimaan atau pembagian dana bantuan dari kantor pusat tersebut. Perlu diketahui juga BPJS di Indonesia terbagi menjadi dua yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan yang memiliki fokus berbeda dalam memberikan program bantuan.

Kemudian, setelah ditelurusi tautan yang beredar mengarah pada laman blogspot bukan laman resmi BPJS. Melansir dari detik.com, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kediri Hernina, Agustin Arifin menyatakan bahwa laman resmi BPJS diakhiri dengan domain go.id “Laman resmi kami diakhiri dengan domain go.id (go dot id) yang artinya web resmi lembaga Pemerintahan. Bila tidak diumumkan melalui laman ini, maka bisa dipastikan informasinya tidak benar,” ujar Agustin.

Melansir dari Tribunnews, Pihak BPJS saat ini sedang tidak ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan pemberian bantuan dana ataupun kompensasi seperti yang disampaikan dalam pesan teks. Untuk itu, BPJS mengimbau agar masyarakat tetap waspada atas upaya-upaua penipuan mengatasnamakan BPJS.

Jika mengacu kepada seluruh referensi, dapat dikatakan bahwa pesan tersebut masuk ke dalam hoaks dengan kategori fabricated content atau konten palsu.
= = =
Referensi:
https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5407679/waspada-beredar-sms-hoaks-dapat-bantuan-dana-bpjs
https://surabaya.tribunnews.com/2021/02/23/waspada-sms-penipuan-bantuan-dana-mengatasnamakan-bpjs-kesehatan
https://archive.md/XRRpl

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

View Non AMP Version