Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Campuran Air Panas dan Lemon, Rahasia Vietnam Tak Alami Kasus Kematian Akibat Covid-19

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya sampai hari ini dilaporkan terdapat 84 kasus kematian akibat Covid-19 di Vietnam. Campuran air panas dan lemon juga belum terbukti dapat sembuhkan penderita Covid-19.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/KONTEN MENYESATKAN

Advertisement

[SUMBER]: WHATSAPP

=====

[NARASI]:

Kabar gembira dan istimewa
Di Vietnam korban covid 19 tidak ada yng mati
Berita super.. obat virus covid 19 sudah tercapai informasi dari negara Vietnam.. virus covid 19 tidak menyebabkan kematian.. ternyata resepnya sangat sederhana tapi sangat ampuh.. hanya teh panas +lemon. Minumlah teh panas setelah di campur perasan lemon..dapat segera membunuh virus covid 19..dan dapat sepenuhnya menghilangkan virus covid 19 dari tubuh…2 bahan ini membuat sistem kekebalan tubuh menjadi bersifat alkali.. karena ketika malam tiba sistem tubuh menjadi asam.. kemampuan detensif juga akan berkurang.. itulah sebabnya orang Vietnam santai saja dengan menyebarnya virus covid 19…
Di Vietnam rata2 semua orang minum segelas air panas dengan sedikit lemon di malam hari… Karena telah terbukti membunuh virus covid 19 secara total…
Bagikan resepi sakti ini kepada siapapun untuk memburu pahala… Resep sederhana ini sangat efektif karena tidak akan terinfeksi virus covid 19.. Selamat mencoba..semoga bermanfaat, Aamiinn YRA.*”

=====
[PENJELASAN]:
Beredar sebuah narasi dari media sosial Whatsapp yang menyatakan bahwa di negara Vietnam tidak ditemukan kematian akibat virus Covid-19. Narasi ini menerangkan pula kalau hal ini dapat terjadi karena masyarakat Vietnam rajin mengonsumsi minuman lemon dengan teh panas.

Advertisement

Namun setelah melakukan penelusuran, diketahui bahwa narasi ini ternyata hoaks. Klaim yang menyebutkan bahwa tidak ditemukan kasus kematian akibat Covid-19 di Vietnam karena masyarakatnya rajin mengonsumsi campuran lemon dengan air panas adalah hoaks berulang yang telah beredar sejak tahun 2020.

Melansir dari turnbackhoax.id, hoaks yang sama setidaknya telah beredar sebanyak 4-5 kali. Berdasarkan perhitungan dari versi world o meters, per 3 Juli 2021 Vietnam tercatat telah mengalami 84 kasus kematian akibat Covid-19.

Kemudian terkait klaim yang menyatakan bahwa campuran air panas dengan lemon ampuh menjaga masyarakat Vietnam dari penyebaran Covid-19 juga merupakan hoaks. Sampai hari ini tidak penelitian yang dapat membuktikan bahwa campuran air panas dan lemon memang benar-benar ampuh untuk mencegah Covid-19 atau tidak.

Mengutip dari artikel Liputan6 dengan judul “Hoaks Resep Lemon dan Teh Panas untuk Sembuhkan COVID-19 dari Palestina”. Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Daeng M. Faqih menyatakan bahwa hal tersebut belum terbukti benar dan belum ada penelitian ilmiahnya.

Advertisement

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RS Metropolitan Medical Center, Raissa Edwina Djuanda juga menjelaskan bahwa asupan gizi dan antioksidan di dalam lemon memang berkontribusi terhadap pencegahan virus. Namun meski begitu, bukan berarti lemon bisa membunuh virus corona, atau virus-virus lainnya yang ada dalam tubuh.

Jadi dapat disimpulkan bahwa narasi yang menyebutkan bahwa tidak ada kasus kematian akibat Covid-19 di Vietnam karena masyarakatnya rajin mengonsumsi campuran air panas dan lemon adalah hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://www.worldometers.info/coronavirus/country/viet-nam/

Advertisement

https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/4477861/cek-fakta-hoaks-vietnam-tanpa-kasus-kematian-covid-19-karena-minum-teh-panas-dicampur-lemon

Copyright ©

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version