Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH]: Dabbah Telah Muncul, Binatang Pesan Tanda Kiamat

Informasi menyesatkan. Hewan mirip ular berkaki empat itu adalah spesies kadal dengan nama ilmiah Lygosoma quadrupes. Kadal tersebut banyak dijumpai di kawasan Asia Tenggara dan sering keliru disebut sebagai ular berkaki.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

Advertisement

[SUMBER]: MEDIA (https://archive.fo/sVZOw)

======

[NARASI]:

“Ya Allah, Dabbah Telah Muncul? Binatang Pesan Tanda Kiamat ?”

======

Advertisement

[PENJELASAN]:

Sebuah situs bernama tersentak-kabar[dot]blogspot[dot]com menampilkan artikel berjudul “Ya Allah, Dabbah Telah Muncul? Binatang Pesan Tanda Kiamat ?”. Pada foto sampul tersebut terdapat foto seekor binatang yang mirip seperti ular namun memiliki 4 kaki. Hewan tersebut diklaim merupakan Dabbah yang merupakan hewan pembawa pesan tanda kiamat.

Berdasarkan penelusuran, foto yang diklaim memperlihatkan binatang misterius pertanda datanganya hari kiamat adalah tidak benar. Hewan tersebut adalah spesies kadal dengan nama ilmiah Lygosoma quadrupes.

Dilansir dari situs Reptile Database, Lygosoma quadrupes adalah sejenis kadal kecil bertubuh mirip ular yang menyebar di Asia Tenggara. Menurut situs Reptile Database, kadal Lygosoma quadrupes sering keliru disebut sebagai ular berkaki atau ular berkaki empat.

Advertisement

Sementara itu, berdasarkan pencarian gambar pada sampul artikel tersentak-kabar[dot]blogspot[dot]com, ditemukan video identik yang berasal dari kanal Youtube Epic Saiyan Fist yang berjudul “Weird lizard” yang diunggah sejak tahun 2017 silam.

Situs turnbackhoax.id juga pernah melakuakn verifikasi terhadap isu hewan yang dianggap Dabbah pada 20 April 2021 dengan artikel berjudul “[SALAH] Artikel Tentang Kemunculan Dabbah di Israel”.

======

REFERENSI:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/05/17/160755782/hoaks-penampakan-hewan-misterius-pertanda-datangnya-kiamat?page=2

Advertisement

https://reptile-database.reptarium.cz/species?genus=Lygosoma&species=quadrupes

Turnbackhoaks

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version