Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Ditetapkan Jadi Tersangka, Prabowo Subianto Minta Maaf Kepada Jokowi

Hasi periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Permintaan maaf tersebut bukan dilakukan oleh Prabowo Subianto, melainkan Edhy Prabowo, Menteri Kelautan dan Perikanan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
=====================
Konten: Konten Palsu

Beredar sebuah postingan video oleh akun YouTube “Agenda Politik” pada 9 September 2022. Postingan video tersebut menyebutkan Prabowo Subianto meminta maaf kepada Jokowi setelah ditetapkan sebagai tersangka.

Advertisement

Sumber: YouTube https://archive.ph/ntiM8 Arsip
=====================

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan kasus yang menyeret nama Prabowo Subianto, melainkan Edhy Prabowo Menteri Kelautan dan Perikanan.

Dilansir dari detik.com, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo ditetapkan sebagai tersangka penerima suap terkait dengan urusan ekspor benih lobster atau benur. Edhy Prabowo pun menyampaikan permohonan maaf kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga Menhan yang juga Ketum Gerindra Prabowo Subianto.

“Pertama saya minta maaf kepada Bapak Presiden, saya telah menghianati kepercayaan beliau. Minta maaf ke Pak Prabowo Subianto, guru saya, yang sudah mengajarkan banyak hal,” kata Edhy di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (26/11/2020) dini hari.

Dengan demikian, berita yang menyebutkan Prabowo Subianto meminta maaf kepada Jokowi adalah salah, sehingga masuk ke dalam kategori konten palsu.

Advertisement

REFERENSI:
https://news.detik.com/berita/d-5270129/jadi-tersangka-kpk-edhy-prabowo-minta-maaf-ke-jokowi-dan-prabowo
https://www.viva.co.id/berita/nasional/1325839-edhy-prabowo-minta-maaf-telah-mengkhianati-jokowi-dan-prabowo?page=1&utm_medium=page-1
https://www.youtube.com/watch?v=2Q2N-0V7RCE

Source:Turnbackhoaks

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version