Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Foto Keluarga Agus Harimurti Yudhoyono Berwisata saat SBY Berobat Kanker Prostat di AS

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Faktanya, foto tersebut adalah foto lama yang pernah diunggah oleh Annisa Pohan melalui akun Instagram pribadinya pada 31 Maret 2018, bukan saat Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tengah menjalani pengobatan kanker prostat di Amerika Serikat baru-baru ini.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

Advertisement

====

Kategori: Konteks yang Salah

====

Sumber: Twitter
https://archive.vn/XR48u

Advertisement

====

Narasi:

“Ini bukan contoh yg baik bagi kita.
Kita rakyat se Indonesia mendoakan Bapak mantan yg sedang mengidap cancer prostat berobat ke Amerika, yg ini ikut rombongan, bukannya prihatin la kok malah di manfaatkan utk berwisata sambil selfie-selfiean.
Mentang 2 di beayai negara. 😭”

====

Penjelasan:

Advertisement

Akun Twitter Nila Murti Tanjung (@nila_mrt) mengunggah foto Agus Harimurti Yudhoyono bersama istri, Annisa Pohan beserta anaknya dengan narasi bahwa keluarga tersebut memanfaatkan kondisi Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang tengah menjalani pengobatan kanker prostat di Amerika Serikat saat ini. Cuitan tersebut mendapat atensi berupa 178 retweet, 699 suka, dan 336 balasan.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto cuitan itu adalah foto yang pernah diunggah Annisa Pohan melalui akun Instagram pribadinya (@annisayudhoyono) pada 31 Maret 2018. Dalam unggahannya itu, Annisa menyebut bahwa seusai liburan singkat bersama keluarga kecilnya di Hong Kong, sang suami, Agus Yudhoyono segera terbang menuju Jawa Timur untuk perjalanan dinas. Cerita Annisa Pohan tersebut kemudian menjadi sorotan media yang salah satunya ditulis oleh Tribunnews dalam artikel berjudul “Pulang dari Hong Kong, AHY Langsung Kunjungi Jawa Timur, Annisa Pohan Bocorkan Kejadian di Bandara” terbit pada 31 Maret 2018.

Mengenai kabar perawatan kanker prostat SBY di Amerika Serikat, hal tersebut telah dibenarkan oleh Syarief Hasan, anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat. Syarief mengatakan, SBY akan menjalani pengobatan di Mayo Clinic dengan ditemani oleh keluarganya.

“Beliau akan melakukan perawatan kesehatan sekaligus pengecekan kesehatan di US. Rencananya mau berangkat hari ini. Di US, di Mayo ya, di dekat Minneapolis ya. Dari Minneapolis itu 1,5 jam lagi di Mayo. Itu khusus untuk cancer. (Ditemani) anak-keluarganya, keluarga-keluarganya, anak-anaknya juga ikut berangkat,” jelas Syarief, di kompleks parlemen, Senayan, Selasa (2/11/2021).

Advertisement

Dari berbagai fakta di atas, cuitan akun Twitter Nila Murti Tanjung dikategorikan sebagai Konteks yang Salah.

====

Referensi:

https://www.instagram.com/p/Bg_MuUSnIsy/

Advertisement

https://wow.tribunnews.com/2018/03/31/pulang-dari-hongkong-ahy-langsung-kunjungi-jawa-timur-annisa-pohan-bocorkan-kejadian-di-bandara?page=all

https://news.detik.com/berita/d-5793304/sby-berobat-kanker-prostat-ke-mayo-clinic-amerika-serikat

Copyright ©

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

View Non AMP Version