Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Foto Mobil yang Terlibat Kecelakaan Beruntun di Tol Purbaleunyi

Foto mobil-mobil tersebut bukanlah foto mobil yang terlibat kecelakaan di Tol Purbaleunyi melainkan kecelakaan beruntun yang terjadi di Thessaloniki, Yunani pada hari Minggu, 5 Oktober 2014. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Klarifikasi : Konten yang Salah
=============================================

Kecelakaan beruntun terjadi di kilometer 91, Tol Purbaleunyi, Jawa Barat, Senin (2/9/2019)
Akun Martinez Abdul (fb.com/martinez.zoraya) mengunggah foto yang disertai tautan berita dari kompas.com yang terkait kecelakaan tersebut.
Sumber : https://perma.cc/2KTM-G8E6 (Arsip ) – Sudah dibagikan 3 kali saat tangkapan layar diambil.

=============================================

PENJELASAN
Berdasarkan hasil penelurusan menggunakan Google Images, foto yang diunggah akun tersebut bukanlah foto dari kejadian kecelakaan beruntun yang terjadi di di kilometer 91, Tol Purbaleunyi, Jawa Barat, melainkan kecelakaan beruntun yang terjadi di Thessaloniki, Yunani pada hari Minggu, 5 Oktober 2014.

Advertisement

Jawa Pos menemukan gambar yang sama diunggah fotografer bernama Ververidis Vasilis di situs shutterstock.com. Portal berita chaniapost.eu memberitakan, kecelakaan itu melibatkan 30 kendaraan di Jalan Raya Egnatia, persimpangan Kouloura dekat Kota Veria, Yunani Utara. Lima orang meninggal dunia dan 30 lainnya luka-luka.

Penyebabnya, sebuah truk melaju kencang dan remnya blong. Truk itu lantas menabrak barisan mobil yang terhenti karena perbaikan jalan. Insiden itu membuat polisi menahan pengemudi truk.

Kecelakaan maut sekaligus beruntun terjadi di Tol Cipularang KM 91, Purwakarta, Jawa Barat pada Senin (2/9/2019). Kecelakaan di jalur arah Jakarta, tepatnya kilometer 91+400 tersebut, terjadi pada sekitar pukul 13.00 WIB.

Berdasar keterangan polisi, kecelakaan di Tol Cipularang itu semula disebut melibatkan sekitar 15 kendaraan. Namun, belakangan polisi menginformasikan kecelakaan maut itu melibatkan sekitar 20 kendaraan. Ada 4 kendaraan terbakar akibat kecelakaan itu.

Advertisement

Data korban kecelakaan di Tol Cipularang juga berubah-ubah. Semula polisi menyebut kecelakaan itu menyebabkan 6 orang tewas dan 8 lainnya terluka. Korban luka sudah dibawa ke RS Bayu Asih Purwakarta, Rumah Sakit Siloam Purwakarta, dan Rumah Sakit Thamrin Purwakarta.

Kemudian, pada Senin sore, data jumlah korban tewas akibat kecelakaan di Tol Cipularang hari ini bertambah meskipun belum ada informasi soal identitas mereka.

“Data sementara jumlah kendaraan yang terlibat kecelakaan 20 kendaraan dan korban meninggal dunia 9 orang,” kata Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo lewat keterangan tertulis, pada Senin sore.

Adapun Kasatlantas Polres Purwakarta AKP Ricky Adi Pratama sempat menjelaskan dugaan awal soal penyebab kecelakaan di Tol Cipularang itu saat diwawancari Kompas TV pada pukul 14.00 WIB, hari ini.

Advertisement

“Penyebab kecelakaan tol Cipularang diduga karena medan jalanan menurun. Dugaan kuat tabrakan beruntun adalah pengemudi tidak bisa menjaga jarak aman,” kata Ricky.

Menurut dia, kendaraan pertama yang paling depan dalam kecelakaan beruntun itu ialah truk.

“Tetapi masih dilakukan penyelidikan,” ujar dia.

Berdasar keterangan Ricky, kecelakaan maut di tol Cipularang itu melibatkan 21 kendaraan, dan 4 di antaranya terbakar.

Advertisement

REFERENSI :
https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/03/09/2019/pembuat-hoaks-sisipkan-foto-luar-negeri-pada-laka-tol-cipularang/
https://www.shutterstock.com/image-photo/veria-greece-october-5-2014-large-221586943
http://www.chaniapost.eu/2014/10/05/truck-spread-out-death-in-egnatia-40-cars-involved/
https://tirto.id/kecelakaan-di-tol-cipularang-hari-ini-mirip-insiden-maut-2017-lalu-ehpQ

Copyright ©

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version