Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Foto RA Kartini Memakai Jilbab dan Kacamata saat Menjadi Santri

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Hoaks lama yang kembali beredar. Faktanya, foto tersebut bukan merupakan foto asli RA Kartini, melainkan merupakan hasil rekayasa digital.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

Advertisement

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content

= = = = =

SUMBER: WhatsApp
https://archive.cob.web.id/archive/1660317069.366355/singlefile.html

= = = = =

NARASI:

Advertisement

“Photo asli RA Kartini ketika menjadi santri Kyai Saleh Darat. Tidak memakai konde dan berkebaya. Foto RA Kartini yang berkonde dan berkebaya versi Belanda akan terus dikeluarkan oleh kaum sekuler agar RA Kartini tetap dikenang sebagai perempuan yang tak mau berjilbab.”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah foto RA Kartini yang mengenakan kerudung dan kacamata melalui WhatsApp. Foto tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa foto tersebut merupakan foto asli RA Kartini saat menjadi santri, sedangkan foto RA Kartini yang banyak beredar menggunakan konde dan kebaya merupakan hasil rekayasa pihak sekuler Belanda.

Advertisement

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi tersebut merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Melansir dari Kumparan, sejarawan dari Universitas Indonesia, Agus Setiawan menjelaskan bahwa meskipun Kartini memang pernah menjadi seorang santriwati, namun foto-foto Kartini sejak masa kecilnya lebih didominasi tradisi Jawa, yakni dengan konde dan kebaya.

Lebih lanjut, melansir dari Kompas, sejarawan sekaligus pendiri Komunitas Historia Indonesia, Asep Kambali menegaskan bahwa dari banyak foto Kartini, tidak ada foto yang menunjukkan bahwa Kartini mengenakan kerudung dan kacamata. Asep juga menyatakan bahwa foto tersebut merupakan hasil rekayasa digital.

Narasi serupa juga pernah beberapa kali beredar sebelumnya. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id, salah satunya adalah artikel berjudul “[SALAH] “Photo asli RA Kartini ketika menjadi santri Kyai Saleh Darat. Tidak memakai konde dan berkebaya” yang diunggah pada 21 April 2022.

Dengan demikian, narasi yang beredar melalui WhatsApp tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content.

Advertisement

= = = = =

REFERENSI:

https://kumparan.com/kumparannews/sejarawan-ragukan-keaslian-foto-kartini-berkerudung/full

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2022/04/18/091042282/sejak-kapan-foto-kartini-berjilbab-dan-berkacamata-beredar-di-internet?page=all

Advertisement

https://turnbackhoax.id/2022/04/21/salah-photo-asli-ra-kartini-ketika-menjadi-santri-kyai-saleh-darat-tidak-memakai-konde-dan-berkebaya/

Source:Turnbackhoaks

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

View Non AMP Version