Cek Fakta: [SALAH] “Gus Jazil ke Anies Baswedan: Jangan Pintar Pidato Saja! Manusia Macam Ini,Kok Bisa Bisanya Jadi Gabener”

By: kabartangsel.com Minggu, 7 Maret 2021

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Narasi tersebut telah disunting. Faktanya, gambar postingan Facebook tersebut telah disunting dengan diumbuhi “Manusia Macam Ini,Kok Bisa Bisanya Jadi Gabener”.

Selengkapnya pada penjelasan!
= = = = =

KATEGORI: Konten Menyesatkan

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/3OkSD

= = = = =

NARASI:
“Gus Jazil ke Anies Baswedan: Jangan Pintar Pidato Saja! Manusia Macam Ini,Kok Bisa Bisanya Jadi Gabener”
= = = = =

PENJELASAN:
Beredar postingan gambar Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid disertai narasi “Gus Jazil ke Anies Baswedan: Jangan Pintar Pidato Saja! Manusia Macam Ini,Kok Bisa Bisanya Jadi Gabener”. Postingan tersebut diunggah akun Facebook bernama Ferry Ansyah.

Setelah ditelusuri, gambar yang ada dalam postingan Facebook sama dengan gambar pada salah satu artikel yang dimuat oleh jawapos.com dengan judul “Gus Jazil ke Anis Baswedan Jangan Pintar Pidato Saja!” pada 1 Maret 2021. Dalam artikel tersebut Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid meminta Anies untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap NU dan tidak ada narasi “Manusia macam ini, kok bisa bisanya jadi gabener”.

”Tunjukkan Pak Anies jangan hanya pintar beretorika, tapi pintar juga memperdulikan masyarakatnya. Jangan pintar pidato saja. Kalau cuma pidato, NU sudah gudangnya. Kita butuh perhatian yang nyata,” kata Jazilul Fawaid.

Dengan demikian, postingan gambar pada Facebook merupakan suntingan dengan ditambahkan kalimat “Manusia macam ini, kok bisa bisanya jadi gabener” sehingga masuk dalam kategori konten menyesatkan.

REFERENSI:
https://www.jawapos.com/nasional/01/03/2021/gus-jazil-ke-anies-baswedan-jangan-pintar-pidato-saja/

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian

Copyright ©


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

View Non AMP Version