Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Lagu Indonesia Raya Dinyanyikan dalam Bahasa Jepang Saat Kunjungan Jokowi ke Jepang

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan dinyanyikan saat kunjungan Jokowi ke Jepang. Faktanya, upacara penyambutan Jokowi saat melakukan kunjungan ke Jepang hanya berupa permainan instrumen lagu Indonesia Raya oleh kelompok marching band, tidak disertai dengan nyanyian dalam Bahasa Jepang.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

Advertisement

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content

= = = = =

SUMBER: Twitter
https://archive.cob.web.id/archive/1659499301.130634/singlefile.html

= = = = =

NARASI:

Advertisement

“Lagu Indonesia Raya dinyanyikan dlm Bhs Jepang + Indonesia secara sangat heroik, pada kunjungan Pak ⁦@jokowi di Jepang.

Opo sampeyan ora ikut bangga..? 🤩🤩😍😍

Luar biasa 👍🏼💪🏼❤️🇮🇩”

= = = = =

Advertisement

PENJELASAN:

Akun Twitter dengan nama pengguna “SinthaS5” mengunggah sebuah video yang menunjukkan upacara penyambutan Jokowi saat melakukan kunjungan ke Jepang. Dalam unggahan tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa lagu Indonesia Raya dinyanyikan dalam Bahasa Jepang untuk menyambut Jokowi.

Berdasarkan hasil penelusuran, lagu Indonesia Raya dalam Bahasa Jepang tidak dinyanyikan pada saat kunjungan Jokowi. Kanal YouTube resmi “Sekretariat Presiden” telah mengunggah video berjudul “Upacara Penyambutan Resmi Presiden Joko Widodo oleh PM Kishida Fumio, Tokyo, 27 Juli 2022”, di mana kelompok marching band hanya memainkan instrument lagu Indonesia Raya, tanpa disertai nyanyian. Adapun prosesi upacara penyambutan tersebut dapat dilihat pada detik 0:40 hingga 1:22.

Lebih lanjut, lagu Indonesia Raya memang pernah dibawakan dalam Bahasa Jepang. Akan tetapi bukan pada saat kunjungan Jokowi ke Jepang, melainkan saat pentas drama musikal berjudul “Southern Cross” di Teater Shiki, Jepang. Potongan adegan drama yang menyanyikan lagu Indonesia Raya dalam Bahasa Jepang pernah diunggah oleh kanal YouTube “
乗り物系動画投稿チャンネル” dengan judul video “南十字星 インドネシア・ラヤ indonessia raya”, atau dapat diartikan sebagai “Southern Cross Indonesia Raya”.

Advertisement

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna “SinthaS5” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Dimanipulasi/Manipulated Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.youtube.com/watch?v=dQf6BMwWwK0

Advertisement

https://www.youtube.com/watch?v=oFkSQPJeAQE

Source:Turnbackhoaks

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

View Non AMP Version