Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Sri Mulyani Menjebloskan SBY ke Penjara

Hasil periksa fakta Ari Dwi Prasetyo.

Faktanya informasi tersebut tidak benar. Isi pada video Tiktok tersebut membahas mengenai kerjasama Sri Mulyani dan Kejaksaan Agung terkait pemberantasan korupsi dan pencucian uang dan sama sekali tidak membahas mengenai Sri Mulyani yang menjebloskan Susilo Bambang Yudhoyono ke penjara.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

Advertisement

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Tiktok
https://perma.cc/9TQM-TNH9
= = = = =

NARASI:

“Akhirnya di tangkap, keputusan Sri Mulyani bulat SBY harus dijebloskan.
Keputusan Bulat !!! SBY Siap-Siap Di Jebloskan.. Sri Mulyani – Kejagung.”

Advertisement

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Tiktok dengan nama pengguna “@abimemory45” mengunggah sebuah video dengan narasi bahwa Sri Mulyani dan Kejagung telah sepakat akan menjebloskan Susilo Bambang Yudhoyono ke penjara.

Berdasarkan hasil penelusuran, narasi tersebut merupakan informasi yang tidak benar. Tidak ditemukannya berita mengenai Sri Mulyani dan Kejagung memasukkan SBY ke dalam penjara. Lebih lanjut video tersebut membahas mengenai kerjasama Sri Mulyani dan Kejaksaan Agung terkait pemberantasan korupsi dan pencucian uang.

Advertisement

Narasi dalam video itu serupa dengan berita milik Kompas.com yang berjudul “Berantas Korupsi dan Pencucian Uang, Sri Mulyani Gandeng Jaksa Agung”. lalu cuplikan-cuplikan video pada unggahan di TikTok itu juga diambil dari berbagai sumber seperti video milik Kompas TV yang berjudul “Keterangan Jaksa Agung soal Penangkapan Surya Darmadi tersangka Korupsi Rp78 Triliun.”, dan dari video YouTube yang berjudul “Arti Cinta Pada Negara Bagi Sri Mulyani Indrawati.”.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Tiktok dengan nama pengguna “@abimemory45” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

Advertisement

https://amp.kompas.com/money/read/2022/06/16/182005126/berantas-korupsi-dan-pencucian-uang-sri-mulyani-gandeng-jaksa-agung
https://www.youtube.com/watch?v=XBju5_Onh-E
https://www.youtube.com/watch?v=4h0-_wtjpyc

Source:Turnbackhoaks

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version