Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] TERANCAM DIMISKINKAN, KPK SITA SELURUH ASET KORUPSI MILIK GIBRAN

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya isi video tersebut tidak ada yang menampilkan bahwa tim KPK menemukan ratusan triliun di kediaman Gibran. Thumbnail video tersebut juga merupakan gambar yang diedit.

====

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

====

Advertisement

[NARASI]:
Terancam Di MiskinkanKpk Sita Seluruh Aset Korupsi Milik Gibran~ News Gibran, Jokowi (Dalam judul)

GIBRAN SUDAH KELEWAT BATAS, RATUSAN TRILIUN DI TEMUKAN TIM KPK DI KEDIAMAN GIBRAN (Dalam thumbnail)

====

[PENJELASAN]:
Akun youtube bernama POPULER NEWS mengunggah video dengan narasi yang menyatakan bahwa Gibran sudah kelewat batas dan tim KPK menemukan ratusan triliun di kediaman Gibran.

Dalam thumbnail video tersebut juga menampilkan gambar Gibran sedang berada disebuah ruangan dan tampak beberapa orang yang menggunakan rompi KPK beserta sejumlah polisi.

Advertisement

Melansir suara.com, isi video tersebut sama sekali tidak memperlihatkan bahwa kediaman Gibran digeledah oleh tim KPK. Potongan video awal yang ditampilkan justru menampilkan wawancara Gibran soal isu Jokowi tiga periode.

Berdasarkan penelusuran, video tersebut hanya berisi cuplikan-cuplikan video yang digabung menjadi satu. Thumbnail video tersebut juga dapat dipastikan bukan gambar asli, gambar wajah Gibran pada thumbnail video tersebut merupakan gambar yang sudah diedit, sehingga klaim bahwa tim KPK menemukan ratusan triliun di kediaman Gibran tidak terbukti dan masuk dalam konten yang dimanipulasi.

Referensi:
https://www.suara.com/news/2022/12/22/180014/cek-fakta-putra-presiden-jokowi-gibran-rakabuming-digeledah-kpk-dugaan-kasus-korupsi-benarkah

Source:Turnbackhoaks

Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version