Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Ustaz Yusuf Mansur: Prabowo Masih Kurang Cocok Jadi Menhan, Harusnya Coba Menjabat Dari Ketua RT Dulu

Tangkapan layar akun Twitter yang mencatut nama Ustaz Yusuf Mansur merupakan hasil suntingan. Ustaz Yusuf Mansur menjelaskan bahwa dirinya tidak pernah sekalipun mencuit seperti yang ada di tangkapan layar tersebut.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
=============================================

Beredar artikel dari situs emputnews[dot]blogspot.com yang berjudul “UYM: Prabowo Masih Kurang Cocok Jadi Menhan, Harusnya Coba Menjabat Dari Ketua RT Dulu”

Advertisement

Tautan artikel dengan judul kontroversi tersebut memuat narasi sebagai berikut:

“REPORTASE,- Penunjukan Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menuai pro kontra.
Prabowo yang merupakan lawan politik Jokowi sejak 2014 ini dianggap bisa memperkuat sekaligus dapat menjadi bumerang bagi pemerintahan.
Ustaz Yusuf Mansur mengomentari penunjukan Prabowo sebagai menhan dalam kabinet jokowi jilid II, Menurut Pendiri Paytren ini, Prabowo masih kurang cocok jadi menteri pertahan
“ya beliau (prabowo) masih kurang paslah untuk jadi Menhan ya.. Seharusnya beliau coba dari Ketua RT dululah , baru naik perlahan” ungkap Yusuf Mansur
Penunjukan mantan rival politik Presiden Joko Widodo, Prabowo Subianto menjadi Menteri Pertahanan masih menjadi kontroversi.
Apalagi Kementerian Pertahanan menjadi kementerian yang diberikan porsi anggaran tertinggi dalam APBN 2020.”

Artikel tersebut juga dilengkapi tangkapan layar sebuah cuitan yang mencatut nama dan akun Twitter Ustaz Yusuf Mansur.

Sumber : https://perma.cc/63JU-T4G7 (Arsip)

Advertisement

=============================================

PENJELASAN

Setelah ditelusuri tim Cek Fakta Medcom.id, ternyata tidak ada satu pun cuitan dari akun resmi UYM, yakni @Yusuf_Mansur seperti tangkapan layar yang terdapat dalam artikel tersebut.

Ketika dimintai klarifikasi, UYM pun menjelaskan bahwa dirinya tidak pernah sekalipun mencuit seperti yang ada di tangkapan layar tersebut.

“Tidak mungkin lah saya mentwit seperti itu. Saya juga sudah mengklarifikasinya melalui akun Instagram saya, @yusufmansurnew,” bantah UYM.

Advertisement

Melalui akun instagramnya, Ustaz yusuf Mansur memang mengunggah sebuah gambar tangkapan layar yang seolah tweet dari akun @Yusuf_Mansur dengan narasi

“Ini diedit orang. Cek aja…”

Dari tangkapan layar juga terdapat kejanggalan berupa tanggal unggah 10 Oktober 2019, padahal pengumuman Kabinet Indonesia Maju yang di dalamnya terdapat nama Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan RI baru dilakukan pada 23 Oktober 2019.

Sementara itu, pelantikan Presiden Joko Widodo sendiri berlangsung pada tanggal 20 Oktober 2019.

Advertisement

REFERENSI :
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/wkB7y40K-cek-fakta-ustaz-yusuf-mansur-sarankan-prabowo-jadi-ketua-rt-dulu-ini-fa
https://www.instagram.com/p/B4SWPsWFRDl/
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20191021075434-32-441381/daftar-lengkap-menteri-kabinet-indonesia-maju-jokowi
https://news.detik.com/berita/d-4753220/pidato-lengkap-jokowi-usai-dilantik-jadi-presiden-ri-2019-2024

Copyright ©

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version