Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Video “Ini Bukti Megawati Ingin Merubah Pancasila”

Video hasil suntingan pada durasinya. Di video aslinya yang berjudul “(Full) Pidato Politik Megawati di Kongres V PDIP 2019 di Bali” di kanal Youtube metrotvnews pada 8 Agustus 2019, konteks pidato Megawati ialah mengingatkan untuk jangan mencoba-coba untuk merombak Pancasila.

=====

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

Advertisement

=====

Sumber: Facebook

https://bit.ly/3uQ7vxA

Arsip video:

https://bit.ly/3AiqdiA

Advertisement

=====

Narasi:

“Ini bukti megawati ingin merubah pancasila”

=====

Advertisement

Penjelasan:

Akun Facebook Bunga Mawar memposting video dengan narasi yang menyebutkan video tersebut bukti Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP, ingin mengubah Pancasila. Video tersebut berdurasi 0:19 detik.

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa video tersebut hasil suntingan pada bagian durasinya sehingga mengubah konteks isi pernyataan Megawati. Pada video aslinya, yakni video berjudul “(Full) Pidato Politik Megawati di Kongres V PDIP 2019 di Bali” di Kanal Youtube metrotvnews yang tayang pada 8 Agustus 2019.

Video aslinya berdurasi 1:06:38 merupakan dokumentasi Pidato Politik Megawati Soekarnoputri di Kongres V PDIP di Bali yang membahas sejumlah isu, termasuk membahas mengenai Pancasila. Pada video asli, Megawati  mengingatkan bahwa kemerdekaan itu tidak mudah didapat, sehingga tidak diperbolehkan menyia-nyiakan yang telah diperjuangkan para pahlawan. Termasuk jangan mencoba-coba untuk merombak Pancasila.

Advertisement

“Jadi jangan setelah menikmati (kemerdekaan), lalu kita mencoba-coba dengan ilmu baru (menggantikan Pancasila). Itu tidak cocok,” ujar Megawati dalam pidatonya di Kongres ke-V PDIP, di Hotel Grand Inna Beach, Bali, Kamis (8/8).

Megawati menyindir pihak-pihak yang ingin merombak atau mengganti ideologi Pancasila dengan paham lain. Megawati mengajak pihak-pihak itu untuk tidak berkoar-koar di jalanan yang hanya menyengsarakan rakyat.

“Pancasila itu apa? Tidak ada artinya, kita harus rombak, kita harus dirikan, yang lain sifatnya’. Mari kalau mau seperti itu, saya berkata jangan main di jalanan hanya menyengsarakan rakyat, datang ke DPR,” ujarnya.

Adapun, konten suntingan pidato Megawati tersebut juga pernah diperiksa faktanya pada 18 Agustus 2020 dengan judul artikel [SALAH] Megawati Ingin Ubah Pancasila di turnbackhoax.id.

Advertisement

Dari penjelasan tersebut, konten yang diposting oleh akun Bunga Mawar masuk ke dalam kategori Konten yang Dimanipulasi.

=====

Referensi:

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20190808141320-32-419526/megawati-soal-ganti-pancasila-datang-ke-dpr-jangan-di-jalan

Copyright ©

Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

View Non AMP Version