Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Video “Mahasiswa Masuk Gedung DPR RI

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan video mahasiswa yang memasuki gedung DPR RI. Faktanya, video tersebut merupakan video mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) yang memasuki gedung DPRD Riau pada 10 September 2018 lalu.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

= = = = =

Advertisement

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/ErVYN

= = = = =

NARASI:

Advertisement

“Mahasiswa masuk gedung DPR RI …”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook dengan nama pengguna “Mas’ud” (https://www.facebook.com/profile.php?id=100066416665081) mengunggah sebuah video yang menunjukkan sekumpulan mahasiswa tengah berdemo di dalam suatu gedung. Video tersebut juga disertai dengan narasi yang menyatakan bahwa video tersebut mendokumentasikan mahasiswa yang berhasil memasuki gedung DPR RI.

Advertisement

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut bukan merupakan video mahasiswa yang memasuki gedung DPR RI. Faktanya, video tersebut merupakan video mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) yang memasuki gedung DPRD Riau pada 10 September 2018 lalu.

Lebih lanjut, video tersebut merupakan potongan dari video berjudul “RIBUAN MAHASISWA UIR DEMO KE KANTOR DPRD SAMPAI MASUK KE DALAM KANTOR DPRD | DEMO 16 SEPTEMBER 2019” yang diunggah oleh kanal YouTube “Bima Ady Putra” pada 16 September 2019 lalu. Potongan video serupa dapat dilihat pada menit 2:17 hingga 2:48.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Mas’ud” (https://www.facebook.com/profile.php?id=100066416665081) tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

Advertisement

REFERENSI:

https://www.youtube.com/watch?v=eZ6XexWcJ08

https://pekanbaru.tribunnews.com/2018/09/10/ribuan-mahasiswa-uir-duduki-ruang-sidang-paripurna-dprd-riau-ini-tuntutannya

Penulis: Khairunnisa A.
Editor: Bentang Febrylian

Copyright ©

Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version