Cek Fakta

Cek Fakta: [SALAH] Video “Najwa Shihab Berhasil Polisikan Nikita Mirzani, Kini Berakhir Dijeruji Besi”

Judul umpan klik (click bait), isi TIDAK sesuai dengan judul. FAKTA: video berisi pembacaan isi artikel dari beberapa media, menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Facebook, https://bit.ly/3fEiF4M (arsip cadangan).

NARASI: “Hari Ini !! Najwa Shihab Berhasil Polisikan Nikita Mirzani, Kini Berakhir Dijeruji Besi”.

Advertisement

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”. [1]

SUMBER membagikan konten yang TIDAK sesuai dengan fakta, sehingga menyebabkan kesimpulan yang SALAH. Video yang dibagikan menggunakan judul dengan umpan klik (click bait), isinya TIDAK sesuai dengan judul. FAKTA: video berisi pembacaan isi artikel dari beberapa media, menggunakan gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN.

Verifikasi Video

Salah satu sumber foto yang disunting dan digunakan untuk gambar pratinjau, REPUBLIKA.CO.ID: “MEDAN — Seorang bandar narkoba asal Aceh tewas ditembak petugas saat pengembangan kasus di Medan, Sumatra Utara. Dari tangannya, petugas menyita 2 kg dari total 50 kg sabu yang belum sempat diedarkan.” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Salah satu artikel yang dibacakan di video, Suara.com: “Nikita Mirzani kembali menyindir Najwa Shihab. Kali ini, ia melakukannya saat melakukan siaran langsung di TikTok pada Senin (26/9/2022).” [3]

REFERENSI

Advertisement

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.md/nb52W (arsip cadangan dengan bahasa asli, English).

[2] republika.co.id: “Bandar Sabu Asal Aceh Ditembak Mati di Medan”, https://bit.ly/3dXtAGx / https://bit.ly/3UXsvPu (arsip cadangan).

[3] suara.com: “Nikita Mirzani Kembali Senggol Najwa Shihab, Ancam Bongkar Tempat Check In”, https://bit.ly/3C43tFK / https://bit.ly/3RoB82N (arsip cadangan).

Source:Turnbackhoaks

Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version