Cek Fakta

Dinosaurus Terakhir Ditemukan di Yogyakarta, Cek Faktanya! Awas Hoaks!

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Klaim video tersebut tidak benar. Faktanya, video tersebut berlokasi di Mojosemi Forest Park, Jawa Timur dan sebagai promosi dari pihak pengelola.
Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah

Advertisement

= = = = =

SUMBER: Tiktok
https://archive.ph/RYPlI

= = = = =

NARASI:
“Dinosaurus terakhir 😯
Ditemukan di Yogyakarta 🇮🇩”
= = = = =

PENJELASAN:
Akun Tiktok rohimat.vlog🦖 memposting sebuah video yang berdurasi 58 detik yang terdapat narasi bahwa dinosaurus tersebut ditemukan di Yogyakarta. VIdeo tersebut memperlihatkan dinosaurus yang akan dikeluarkan dari truk.

Advertisement

Setelah ditelusuri, ditemukan video yang sama di kanal youtube Tribun Medan TV dalam salah satu video berjudul “Viral Dinosaurus Mengamuk Sampai TNI Turun Tangan Mengamankan, Ternyata Ini Yang Sebenarnya Terjadi?”. Dalam postingan yang diunggah 14 Desember 2020 tersebut ditemukan informasi lokasi pengambilan video tersebut di Mojosemi Forest Park, Magetan, Jawa Timur. Video tersebut sebagai ajang promosi yang dilakukan pihak pengelola, adapaun video diambil pada Senin 14 Desember 2020.

Lebih lanjut pada Instagram resmi mojosemiforestpark dalam salah satu postingan yang diunggah 14 Desember 2020 nampak video dalam postingan adalah kejadian yang sama namun berbeda di pengambilan video. Mojosemi Forest Park sendiri beralamat di Jl. Raya Sarangan Jl. Cemoro Sewu No.Km. 5, Kali Jumok, Sarangan, Kec. Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Sebelumnya pada bulan Desember 2020 video serupa dengan klaim yang salah juga beredar di media sosial Facebook. Hal tersebut telah diperiksa fakta oleh turnbackhoax.id dalam artikel berjudul “[SALAH] Video “Hewan Purbakala Yang Hanya Nampak Di Film² Kini Di Temukan Di Lereng Gunung Lawuh Magetan””.

Dengan demikian klaim bahwa video tersebut berlokasi di Yogyakarta tidak benar. Lokasi video tersebut di Mojosemi Forest Park, Jawa Timur sehingga hal tersebut masuk dalam kategori konteks yang salah.

Advertisement

REFERENSI:

[SALAH] Video “Hewan Purbakala Yang Hanya Nampak Di Film² Kini Di Temukan Di Lereng Gunung Lawuh Magetan”

Penulis: Luthfiyah Oktari Jasmien
Editor: Bentang Febrylian

https://platform.instagram.com/en_US/embeds.js

Copyright ©

Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version