Tangerang Selatan

Jelang Ramadan, Kemenag Tangsel Adakan Munggahan

Munggahan adalah tradisi menyambut bulan suci Ramadhan yang sudah turun temurun dilakukan oleh umat Islam. Munggahan adalah tradisi yang dilakukan berbagai cara oleh umat Islam sebagai tanda gembira dan suka cita untuk menyambut bulan suci Ramadhan yang penuh ampunan.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kemenag Tangsel Dedi Mahfudin, pada acara Munggahan, Jum’at pagi (01/04/2022) di masjid Khodimul Umum Kantor Kemenag Tangsel.

Acara tersebut dihadiri Kasubbag TU, Asep Azis Nasser, Para Kepala Seksi, Penyelenggara, Analis Kepegawaian, dan seluruh pegawai kantor.

Advertisement

Lebih lanjut Kepala Kantor mengatakan munggahan sendiri sebenarnya istilah yang selama ini melakat pada orang Jawa Barat karena berasal dari bahasa sunda “unggah” berarti naik.

“Munggahan mengandung hikmah yang positif, dan bermanfaat, sehingga umat Islam pada umumnya ikut merayakan, yang umumnya pada satu atau dua hari menjelang Ramadhan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan rencana kegiatan yang akan dilakukan selama bulan suci Ramadhan, antara lain Kultum bada sholat Zuhur, yang diharapkan dapat menambah wawasan para pegawai.

Kepala Kantor juga mengintruksikan para pegawai di lingkungan Kantor Kemenag Tangsel agar dapat mensosialisasikan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 8 tahun 2022 tentang panduan ibadah di bulan Ramadhan

Advertisement

“Marhaban ya Ramadhan, semoga kita semua dalam keadaan sehat wal ‘afiat sehingga dapat menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya dengan maksimal. Tetap semangat melayani masyarakat walaupun sedang berpuasa,” tandasnya.

Sementara itu, Kasubbag TU, Asep Azis Nasser mengungkapkan acara Munggahan ini diadakan dalam rangkai silaturahmi antar pegawai kantor Kemenag Tangsel.

“Dengan bersilaturahim, berjabat tangan, dan saling memaafkan dengan hati yang ikhlas, maka akan kembali suci, dan siap menghadapi bulan Ramadhan,” ungkapnya

Acara diakhiri dengan saling memaafkan dan makan bersama dengan penuh keakraban. (afm/fid)

Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

View Non AMP Version