Hukum

Keluarkan Izin Kompetisi Liga 1, Kapolri Listyo Sigit Minta Suporter Taat Protokol Kesehatan

JAKARTA – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo resmi mengeluarkan izin kompetisi sepakbola Liga 1 dan Liga 2 2021. Kapolri berharap suporter untuk taat protokol kesehatan.

Kapolri mengacu pada insiden kerumunan yang tercipta seusai laga final leg kedua Piala Menpora lalu. Saat itu, suporter Persija Jakarta dan Persib Bandung membuat kerumunan.

Suporter Persija The Jakmania melakukan konvoi untuk merayakan gelar juara di jalanan ibu kota. Sementara suporter Persib melakukan penyerangan ke kantor Maung Bandung.

“Beberapa waktu lalu penyelenggaraan (Piala Menpora) sudah cukup bagus, tetapi yang kami sayangkan adalah masih terjadi arak-arakan di akhir pertandingan yang potensial menimbulkan klaster COVID-19,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri, Senin (31/5/2021).

Advertisement

“Imbauan kami, kalau kita mencintai tim kesayangan yang akan tampil di Liga 1 atau 2 Liga, tentu kami harapkan para suporter juga mendukung dengan sama-sama menjaga terkait masalah aturan prokes untuk betul-betul dijaga. Karena pelanggaran terhadap hal tersebut akan berdampak terhadap tim kesayangan kita,” ujar Kapolri menambahkan.

Sementara soal wacana PSSI yang mau menghadirkan penonton terbatas dipastikan belum bisa terlaksana dalam waktu dekat. Kepolisian masih khawatir dengan penyebaran angka virus corona.

Namun, Polri tak menutup kemungkinan untuk memberikan izin kehadiran penonton. Semua akan tergantung dengan kondisi pandemi ke depannya.

“Kompetisi akan dimulai Bulan Juli. Kami akan melihat angka COVID-19. Perkembangan sampai hari ini, karena kita baru saja menghadapi arus balik, sehingga tentu setiap hari akan kami pantau,” tutur Listyo soal potensi menghadirkan penonton di Liga 1.

Advertisement

“Kalau angka bisa dikendalikan tentu kami akan melihat apakah akan ada kelonggaran, tetapi tentu tetap dengan prokes ketat. Soal itu, akan kami lihat dulu perkembangannya,” ucap Kapolri mengakhiri pernyataan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version