Kelurahan Pondok Ranji Jadi Pilot Project Smart Village

By: kabartangsel.com Kamis, 26 Januari 2017

Kelurahan Pondok Ranji, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dijadikan sebagai  pilot project Desa Cerdas (Smart Village). Program yang digagas Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Pergerakan Indonesia Maju (PIM) ini bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud).

Ketua Dewan Nasional PIM Din Syamudin mengatakan, program Smart Village bertujuan untuk meningkatan literasi dan komunikasi rakyat agar tercipta masyarakat yang lebih cerdas dan maju.

“Ada 30 unit desa cerdas yang akan dibangun di seluruh Indonesia pada tahun 2017 ini,” kata Din Syamuddin saat peresmian Smart Village Kelurahan Pondok Ranji, Kamis (26/1/2017).

Sementara itu, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menyambut baik dijadikannya Kelurahan Pondok Ranji sebagai percontohan program Smart Village. Walikota dua periode itu berharap dengan adanya Smart Village, aspek-aspek kehidupan yang ada di masyarakat dapat mencerminkan adanya prinsip cerdas.

“Sehingga nantinya akan ada smart people, smart living, smart environment, smart economy, dan smart governance,” harap Airin.

Peresmian Smart Village di Kelurahan Pondok Ranji itu dihadiri pula oleh Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo, Menteri LHK Siti Nurbaya, perwakilan dari Kemendikbud, wakil ketua PIM Siti Zuhro dan Sekjen PIM Ali Masykur Musa. (kits/fid)


View Non AMP Version