Komaruddin Hidayat Akhiri Masa Jabatan Sebagai Rektor UIN Syarif Hidayatullah

By: kabartangsel.com Rabu, 31 Desember 2014

Sebagai pertanggungjawaban publik kepada masyarakat selama menjabat,  Rektor UIN Jakarta Prof Dr Komaruddin Hidayat menyampaikan laporan akhir kinerjanya selama empat tahun (2010-2014) kepada  Senat Universitas UIN Jakarta dalam Rapat Sidang Senat, Selasa, (23/12/2014), di Ruang Diorama, Auditorium Harun Nasution. Rapat langsung dipimpin Ketua Senat Prof Dr Atho Mudhar.

Laporan akhir tersebut  seperti dkutip dari laman resmi UIN Jakarta uinjkt.ac.id disampaikan dalam format tiga buku, yaitu, UIN Jakarta dalam Angka, UIN Jakarta dalam Gambar, dan Laporan Rektor 10 Januari 2010-10 Januari 2014. Selain tentang perkembangan akademik UIN Jakarta, rektor juga menyampaikan tentang kemajuan kelembagaan, manajemen, sumber daya manusia (SDM), dan sebagainya.

Pada bidang akademik, misalnya, sebanyak 23 program studi (prodi) Strata Satu (S1) di UIN Jakarta terakreditasi A. Pada kurun tiga tahun sebelumnnya hanya 20 prodi yang terakreditasi A. Demikian pula yang prodi-prodi yang mendapatkan nilai B. “Yang dapat nilai C tinggal lima prodi,” demikian laporan itu.

Pada aspek kelembagaan, UIN Jakarta juga mengalami kenaikan peringkat. Jika pada tahun 2008 mendapat nilai akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), di awal 2014 lalu UIN Jakarta mendapatkan nilai A.

Pada sisi lain, jumlah tenaga pengajar yang bergelar doktor (S3) juga bertambah tiap tahunnya. Sampai 2014, terdapat 242 dari 936 orang bergelar doktor, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Dari sisi manajerial, UIN Jakarta telah menerapkan ISO 9001: 2008 dan sistem online untuk berbagai layanan  administrasi akademik, keuangan, dan lain-lainnya. Selain itu, tentu terdapat pula berbagai lain yang turut mengantarkan citra harum UIN Jakarta dalam kancah nasional maupun internasional.

Rektor berharap, kemajuan-kemajuan itu dapat mendorong UIN Jakarta menjadi institusi yang diakui di dunia internasional. “Ini sebagai kesiapan kapasitas institusi menuju rekognisi global,” terang Komaruddin Hidayat.

Rektor dua periode tersebut akan digantikan oleh Prof. Dr. Dede Rosyada, MA yang telah terpilih pada Pemilihan Rektor (Pilrek) Selasa, 14 Oktober 2014 lalu. Prof. Dr. Dede Rosyada, MA  akan menjadi Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk masa jabatan 2015-2019. (kt)

 


View Non AMP Version