Nasional

Kominfo Sediakan Media Center MotoGP Mandalika 2022 untuk Para Jurnalis

Kejuaraan dunia balap motor Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP Mandalika 2022 menjadi momentum kebangkitan ekonomi Indonesia. Kemenetrian Komunikasi dan Informatika menyiapkan Media Center Indonesia (MCI) untuk membantu kerja jurnalis dalam menyebarluaskan informasi mengenai rangkaian event MotoGP Mandalika 2022.

“MCI sebagai upaya Kominfo ikut mendukung penyelenggaraan MotoGP di NTB, agar terselenggara dengan baik. Fasilitas itu, didedikasikan khusus bagi rekan-rekan jurnalis Indonesia yang tidak terakomodasi akreditasi oleh Dorna Sports selaku promotor MotoGP,” jelas jelas Direktur Informasi, Komunikasi Perekonomian dan Maritim (IKPM) Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Septriana Tangkary, dalam acara Media Briefing Media Center Indonesia (MCI) di Hotel Astoria, Kota Mataram, NTB, Rabu (16/03/2022)

MCI merupakan hasil kerja sama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA), selaku pengelola Sirkuit Mandalika. Lokasi MCI berada di lapangan parkir utama yang berdekatan dengan paddock Sirkuit Mandalika. Berdiri di atas lahan seluas 200 meter persegi, MCI akan menjadi fasilitas pendukung bagi para jurnalis peliput MotoGP 2022.

“Para jurnalis yang akan meliput di MCI wajib mendaftarkan diri kepada Kominfo, Sub Bagian Humas Polda NTB dan Dinas Kominfo Statistik Provinsi NTB. Kami akan siapkan kartu peliputan khusus untuk keperluan di MCI itu,” tutur Direktur Septriana.

Advertisement

Direktur IKPMK Ditjen IKP Septriana menyatakan, untuk mendukung kerja jurnalistik para peliput MotoGP Mandalika 2022, MCI dilengkapi dengan jaringan internet berkecepatan tinggi 100 Mbps.

“Ada juga fasilitas makan-minum, 20 unit laptop, mesin pencetak (printer), televisi, dan kursi refleksi. Ruangan MCI juga dilengkapi enam mesin pendingin ruang,” tuturnya.

MCI akan beroperasi mulai pukul 08.00-17.00 Wita, setiap hari selama digelarnya event itu. “Selama berada di MCI, kami menerapkan protokol kesehatan ketat, memakai masker, mencuci tangan, dan tidak berkerumun dalam jumlah besar. Kami juga mewajibkan rekan-rekan jurnalis untuk mengikuti tes antigen yang kami sediakan di pintu masuk MCI,” tegas Direktur Septriana.

Bangkitkan Ekonomi

Advertisement

Ajang balap internasional yang berlangsung di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18 s.d. 20 Maret 2022, juga diyakini akan mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional.

“MotoGP Mandalika menjadi kebanggaan bagi seluruh masyarakat Indonesia. 400 juta orang di seluruh dunia akan menyaksikan MotoGP di Mandalika, bagaimana tidak bangga,” tandas Direktur Septriana.

Oleh karena itu, Direktur IKPMK Ditjen IKP  mendorong, masyarakat di NTB dapat menyebarkan keramahtamahan kepada para tamu yang menonton MotoGP.

“MotoGP juga menjadi momentum kebangkitan ekonomi. Sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), kata Septriana, akan dikenal oleh masyarakat internasional. Tidak hanya UMKM, namun usaha perhotelan juga mendapar manfaat dari MotoGP. Keramahtamahan khas Indonesia perlu ditunjukkan ke dunia,” ungkapnya. (rls/red)

Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version