Banten

Komisi V DPRD Banten Terima Studi Banding Pansus DPRD Kalimantan Timur

Komisi V DPRD Banten menerima kunjungan kerja Panitia Khusus (Pansus) DPRD Provinsi Kalimantan Timur di Ruang Rapat Komisi V DPRD Provinsi Banten, Kamis (30/03/2023).

Kunjungan kerja diterima oleh Sekretaris Komisi V H. Dede Rohana Putra dan Anggota Komisi V H. Umar Bin Barmawi. Turut hadir pula Perisalah Legislatif DPRD pada Bagian Perundang-undangan, Fasilitasi Anggaran, dan Pengawasan Sekretariat DPRD Banten dan Biro Hukum Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Banten.

Ketua Pansus DPRD Kaltim H. Romadhony Putra Pratama mengatakan bahwa kunjungannya ke DPRD Banten adalah untuk berkonsultasi terkait Rencana Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Timur tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

“Banyak yang ingin kami olah dan kami ingin mengetahui apa saja referensi DPRD Banten baik secara filosofis maupun yuridis,” ucapnya.

Advertisement

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Komisi V DPRD Banten H. Dede Rohana Putra menuturkan bahwa Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan tersebut secara filosofis merupakan bentuk keresahan DPRD Banten terhadap degradasi moral anak yang berpotensi dapat memecah belah bangsa.

“Kami ingin membumikan kembali Pendidikan Pancasila sehingga kehidupan di Banten dapat menjadi lebih toleran dan tidak ada lagi anak muda yang tawuran, perang, atau semacamnya,” tuturnya.

Di samping itu, Anggota Komisi V H. Umar Bin Barmawi juga turut menjelaskan bagaimana proses awal pembentukan Peraturan Daerah Provinsi Banten Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan.

“Perda ini berpedoman pada 4 pilar kebangsaan dan Perda tersebut juga lahir berangkat dari situasi pandemi yang mana masalah utamanya adalah gejolak sosial di tengah masyarakat sehingga wawasan kebangsaan dan penguatan ideologi Pancasila merupakan kewajiban yang harus dipenuhi masyarakat Provinsi Banten,” ujarnya.

Advertisement

Menutup diskusi ini, Sekretaris Komisi V H. Dede Rohana Putra berharap hasil dari kunjungan kerja Pansus DPRD Provinsi Kalimantan Timur tersebut dapat bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat Provinsi Kalimantan Timur.

“Mudah-mudahan hasil diskusi ini dapat bermanfaat untuk Pansus DPRD Kalimantan Timur demi kemaslahatan masyarakat Provinsi Kalimantan Timur,” ucapnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version