Tangerang Selatan

Tangsel Jadi Kota Keempat Termakmur di Indonesia

Instagram @skytangsel

Hasil penelitian Realestat Indonesia (REI) tentang Indonesia City Prosperity Index (CPI) 2019 atau Indeks Kemakmuran Kota menyebutkan bahwa Denpasar merupakan kota yang paling makmur di Indonesia. Diikuti oleh Batam, Balikpapan, dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Ketua Umum DPP REI Seolaeman Soemawinata menyatakan bahwa CPI atau Indeks Kemakmuran Kota, adalah metode yang dikembangkan oleh UN-Habitat untuk memonitor implementasi dari Sustainable Development Goals (SDGs) dan New Urban Agenda. Peluncuran CPI adalah bentuk komitmen REI dalam berkontribusi bagi pengembangan perkotaan di Indonesia.

“CPI ini adalah sumbangsih kami sebagai organisasi yang memiliki keberagaman anggota, mulai dari pengembang rumah rakyat hingga pengembang kota baru, dari pengembang hotel hingga pengembangan kawasan pariwisata dan kawasan industri,” lanjut Soelaeman, di Jakarta, pekan lalu.

Menurut Eman, pengembang memiliki posisi yang strategis dalam membentuk suatu kota dan indeks ini mengajak para pelaku pembangunan kota untuk bersama – sama menjadikan kota di Indonesia menjadi lebih makmur. Adapun dalam CPI, terdapat enam indikator yang diukur untuk menentukan kemakmuran suatu kota. Keenam indikator tersebut ialah produktivitas, pembangunan infrastruktur, kesetaraan dan inklusivitas sosial, kualitas hidup, keberlanjutan lingkungan, dan legislasi dan postur kelembagaan kota.

Advertisement

Dalam Indonesia CPI 2019 ini, terdapat 21 kota yang diteliti oleh DPP REI. Berdasarkan hasilnya, Denpasar adalah kota yang paling makmur di Indonesia. Diikuti oleh Batam, Balikpapan, dan Kota Tangsel .

Denpasar sebagai kota paling makmur di Indonesia memperoleh skor 60,2% yang artinya masih masuk dalam kategori moderately solid. Yang artinya juga belum ada kota-kota di Indonesia yang masuk pada kategori solid dan very solid. Soelaeman berharap adanya CPI dapat menjadikan landasan pijakan kota-kota di Indonesia untuk terus menjadi lebih baik di tahun -tahun mendatang.

“Kami berharap kota-kota di Indonesia hari ini berkompetisi secara positif untuk mencapai level tertinggi, agar bisa setara dengan kota -kota di negara lain,” ujarnya.

Kota Paling Makmur di Indonesia: 1. Denpasar, 2.Batam, 3. Balikpapan, 4. Tangerang Selatan., 5.Manado, 6.Makassar, 7.Banjarmasin, 8.Surabaya, 9.Jakarta, 10.Padang, 11.Semarang, 12.Bandung, 13.Pontianak, 14.Bogor, 15.Samarinda, 16.Pekanbaru, 17.Lampung, 18.Palembang, 19.Palangkaraya, dan 20. Jayapura. (fid)

Advertisement

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version