Nasional

Menhan Prabowo Subianto Bicara tentang Pembinaan dan Pembangunan Kekuatan Teritorial

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyerahkan 40 unit sepeda motor dari Kementerian Pertahanan kepada Kodim 1503/Tual Maluku Tenggara yang disaksikan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dalam rangkaian kunjungan kerja ke Provinsi Maluku pada Rabu (14/9).

Presiden Jokowi mengatakan bahwa penyerahan kendaraan ini adalah bagian dari rencana pertahanan yang mementingkan pembangunan kekuatan teritorial.

“Penyerahan kendaraan ini merupakan bagian dari rencana pertahanan jangka panjang di mana pembinaan dan pembangunan kekuatan teritorial sangat penting,” kata Presiden.

“Kendaraan bermotor juga akan diberikan kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) di seluruh wilayah Indonesia,” sambungnya.

Advertisement

Pada kesempatan yang sama, Menhan Prabowo mengatakan bahwa penyerahan kendaraan bermotor tersebut merupakan bagian dari arahan Presiden Jokowi untuk menyusun rencana pertahanan jangka panjang.

“Untuk itu, pembinaan dan pembangunan kekuatan teritorial menjadi salah satu unsur yang sangat penting, jadi semua Babinsa, Koramil, Kodim, Korem, dan Kodam akan kita berdayakan. Jadi itu dalam rencana besar kita, bagian dari pertahanan negara yang sistemnya adalah hankamrata (pertahanan keamanan rakyat semesta),” ujar Menhan Prabowo.

Adapun Menhan Prabowo mengatakan bahwa kendaraan bermotor yang akan diberikan nantinya merupakan produksi lokal yang akan dibuat oleh perusahaan dalam negeri.

“Ini baru saja awal karena nanti seluruh Babinsa akan kita kasih motor dan nanti rencananya motornya akan kita buat di dalam negeri di Indonesia oleh Pindad dan PT Len dibawah holding industri pertahanan, holding yang sekarang yaitu Defend ID,” ungkap Menhan Prabowo.

Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version