Tangerang Selatan

MIN 1 Tangsel Gelar PERAKA, Perkemahan Rabu-Kamis

Selama dua hari Rabu dan Kamis (08-09/02/2022) siswa-siswi MIN 1 Tangsel dari kelas 5 dan 6 mengikuti kegiatan perkemahan di Situ Gintung, sebuah tempat wisata di Kota Tangsel yang sangat cocok untuk kegiatan outbond dan perkemahan.

Dibuka oleh Kasi Penmad Kemenag Tangsel, Muhammad Edi Suharsongko, dihadiri oleh pengawas MI kecamatan Ciputat, Abdul Rozak, Kepala MIN 1 Tangsel, Ratu Rohimah, dan diikuti oleh 250 peserta dengan 30 pembina.

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan, Kasi Pakis memberi apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Kegiatan Peraka (Perkemahan Rabu-Kamis) ini tentunya untuk melatih kemandirian siswa-siswi dan membangun sikap dan moral untuk menghadap pemasalahan masa yang akan datang, sehingga mereka dapat menyelesaikan masalah yang pada zaman ini baik dari dalam maupun luar secara kerja sama maupun individual,” ungkapnya.

Advertisement

Menurutnya, Pramuka merupakan kegiatan Ekskul wajib di sekolah maupun madrasah. Sebab, melalui kegiatan kepramukaan dapat membentuk peserta didik menjadi agamis, disiplin, jujur, berani, mandiri, santun, peduli lingkungan, dan cinta tanah air.

“Selain melatih fisik dan mental, pramuka juga dapat membentuk karakter peserta didik lebih mandiri dan cinta tanah airnya. Dalam kegiatan pramuka ini kita bina anak-anak untuk disiplin, sehingga mempunyai karakter yang militan,” tandasnya.

Hal senada disampaikan Kepala MIN 1 Tangsel, Ratu Rohimah. Dirinya menjelaskan tujuan kegiatan tersebut untuk melatih anak-anak dalam belajar mandiri, setia kawan, bersahabat dengan alam serta memupuk keimanan dan ketakwaan.

“Kami berharap lewat kegiatan perkemahan ini para siswa terbiasa dengan kemandirian dalam segala hal dan berahlak mulia. Di dalamnya jug diadakan kegiatan penanaman agama,” jelasnya.

Advertisement

Kegiatan perkemahan ini, sambungnya, diisi dengan banyak kegiatan mulai dari mendirikan tenda, memasak, pentas seni, game, senam pagi, sholat berjamaah, tadarusan, doa bersama, kultum, dan masih banyak lagi kegiatan yang lain.

“Insya Allah ini kegiatan perkemahan ini menjadi kegiatan rutin yang diadakan oleh MIN 1 Tangsel. Kami ingin para siswa tidak hanya belajar di dalam kelas tapi juga bisa belajar di luar kelas salah satunya dengan kegiatan perkemahan ini,” pungkasnya. (afm/fid)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version