Pemerintahan

PBB Award 2018, Pemkot Tangsel Beri Penghargaan Kepada Wajib Pajak

Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany membuka penghargaan Pajak Bumi Bangunan (PBB) Achievement Award 2018 dengan bernyanyi lagu kopi dangdut.

Walikota bersama Wakil Walikota Benyamin Davnie bernyanyi bersama diatas panggung, sekaligus membuka kegiatan penghargaan PBB Achievement Award 2018.

Setelah menyanyi dangdut, Airin mengungkapkan rasa terima kasih kepada hadirin yang hadir dalam penghargaan PBB Achievement Award 2018.”Bapak ibu merupakan penyumbang pajak yang signifikan untuk pembangunan Pemkot Tangsel yang lebih baik lagi, “ungkapnya.

Airin menjelaskan, potensi tertinggi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor PBB dan BPHTB. Mudah-mudahan bapak ibu tepat waktu untuk membayar pajak sehingga menjadi contoh untuk semua.

Advertisement

“Saya berharap bapak ibu tepat waktu membayar pajak sehingga bisa menjadi contoh semua pihak, karena apa yang yang bapak ibu bayarkan, uangnya untuk pembangunan kota Tangsel, “ungkapnya.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Tangsel, Dadang Sofyan mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak ibu yang hadir diacara ini.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan hasil evaluasi yang dilakukan Bapenda.”10 Tahun Tangsel berdiri, namun kepatuhan pajaknya masih dibawah 100 persen, padahal peningkatan jumlah wajib pajak sangat berpengaruh terhadap penerimaan pajak PBB di Tangsel, “ungkapnya.

PBB merupakan kontribusi yang cukup besar di Tangsel. “Oleh karena itu, kami berupaya memberikan pelayanan terbaik di Tangsel, mulai dari memberikan pelayanan berbasis teknologi, sampai kepada kegiatan yang terkait dengan regulasi bahkan setiap tahun kami memberikan pengurangan denda pajak. Hanya tahun 2019 dilakukan lagi apa tidak, nanti dievaluasi, karena menurut kami pengurangan ini sangat bermanfaat dan signifikan bagi masyarakat Tangsel,”ungkapnya.

Advertisement

Sementara Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengungkapkan, Pajak daerah merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang penting guna membiayai pelaksanaan pemerintahan daerah yang dilaksanakan berdasarkan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, peran serta masyarakat, dan akuntabilitas dengan memperhatikan potensi daerah.

Perlu diketahui bersama bahwa PBB merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang menempati urutan KEDUA terbesar penyumbang Pendapatan Pajak Daerah setelah pajak BPHTB, dimana merupakan dukungan bagi pemerintah dalam pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat agar lebih maksimal.

“Saat ini, tingkat kepatuhan masyarakat dalam menunaikan kewajiban membayar PBB di Kota Tangerang Selatan semakin baik. Hal itu dapat dilihat dari penerimaan PBB dari tahun ke tahun yang terus meningkat. Dalam era digital seperti sekarang ini, masyarakat dapat memperoleh informasi tagihan dengan mudah, cepat dan efisien. Tersedia aplikasi ETA (Easy To Access) yang dapat diunduh gratis melalui ponsel sehingga diharapkan kemudahan ini dapat meningkatkan kepatuhan dan kesadaran masyarakat dalam membayar PBB.”jelasnya.

Kepala Bidang Pajak Daerah 1 pada Bapenda Tangsel, Indri Sari Yuniandri, menjelaskan, sebagai wujud apresiasi kepada masyarakat yang taat dan patuh dalam membayar Pajak, Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Badan Pendapatan Daerah mempersembahkan “ PBB Achievement Award 2018 “ yang merupakan tahun ketiga diselenggarakan sejak tahun 2016.

Advertisement

Sebagai penghargan pemerintah daerah kepada wajib pajak panutan yang selalu melunasi PBB sejak tahun awal terdaftar dan terlama, tidak pernah membayar melewati jatuh tempo di setiap tahunnya serta membayar di awal waktu pada tahun 2018. Acara ini juga merupakan rangkaian Hari Jadi Ke – 10 Kota Tangerang Selatan sebagai wujud Dedikasi Tangsel Satu Dekade untuk seluruh generasi.

Penghargaan tersebut diberikan kepada wajib pajak daerah Kota Tangerang Selatan salah satunya wajib pajak bumi dan bangunan, yang terdiri dari 3 (tiga) kategori.

Pertama, “Golden Tax Achievement award” yaitu penghargaan atas kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan kriteria perusahaan yang diberikan kepada: PT. LOTTE, PT. PT BANK PERMATA TBK, PT. STAR MOTOR INDONESIA.

Kedua, “Platinum Award 7 Kecamatan (Best Region) ” yaitu penghargaan yang diberikan atas kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan dengan kriteria perseorangan mewakili setiap kecamatan sebanyak 7 wajib pajak. Wajib pajak terbaik setiap kecamatan ini diperoleh berdasarkan kepatuhannya dalam membayar pajak sejak tahun terbit terlama dalam basis data, selalu melunasi dan tidak pernah membayar lewat jatuh tempo PBB setiap tahunnya. Urutan pemenang berdasarkan tahun terbit terlama dan pembayaran terawal pada Tahun 2018. Pemenangnya adalah yakni Sanih B Gering, Kelurahan Jelupang Serpong Utara, Hadi Purnomo Adjie, Kelurahan Rawamekarjaya Kecamatan Serpong, Benny Albertus Halim, Kelurahan Kedaung Kecamatan Pamulang, Suwadi, Kelurahan Pondok Karya Kecamatan Pondok Aren, Endang, Kelurahan Rempoa Kecamatan Ciputat Timur, Saidih B Bain, Kelurahan Sawah Kecamatan Ciputat, Maryadi, Kelurahan Kademangan Kecamatan Setu.

Advertisement

Sementara, Platinum Award yaitu penghargaan untuk kriteria perseorangan yang diberikan kepada wajib pajak panutan yang dipilih berdasarkan basis data sebagai objek pajak terdaftar terlama, selalu melunasi, tidak pernah membayar lewat jatuh tempo untuk setiap tahun pajak, dan pembayaran di awal tahun 2018.

Yakni, Utang Loin, Kelurahan Serpong, Kecamatan Serpong, H Seca Kusuma, Kelurahan Lengkong Gudang Kecamatan Serpong,Ridwan, Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur, Rameli, Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Kasmiyati , Kelurahan Jurang Mangu Timur, Kecamatan Pondok Aren,Lolita Sandra Tumbeleka, Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat, Rosid Kelurahan Pamulang Kecamatan Pamulang.

Sedangkan untuk Best Platinum Award pemenangnya Suryadi Kelurahan Pondok Jagung Timur, Kecamatan Serpong Utara, untuk Suryadi meraih satu unit sepeda motor.

Suryadi merupakan wajib pajak terlama sejak 1994,dengan tagihan tidak pernah bayar lewat jatuh tempo setiap tahunnya. “Alhamdulillah, saya tidak menyangka akan mendapatkan sepeda motor, padahal saya hanya melaksanakan kewajiban saya sebagai warga negara untuk bayar pajak, “singkatnya.

Advertisement

Sementara penutupan penghargaan PBB Achievement Award 2018 ditutup dengan nyanyian lagu Yesterday dari The Beattle yang dinyanyikan langsung oleh Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie. (dkt/fid)

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version