Pemkot Tangsel Bangun Rumah Lawan Covid-19 Zona II Di Atas Lahan 6000 Meter Persegi

By: kabartangsel.com Selasa, 2 Februari 2021

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) kembali membangun Rumah Lawan Covid-19 (RLC) zona II untuk tempat karantina penderita Covid-19. Konsepnya glamping (glamour camping) yang dibangun di atas lahan 6.000 meter persegi di kawasan Pertanian Terpadu Ciater, Serpong.

Koordinator RLC-19, Suhara Manullang mengatakan pembangunan RLC-19 zona II sudah menyentuh angka 40 persen dan ditarget rampung awal Februari ini. Namun disesuaikan juga dengan kondisi alam.

“Hingga saat ini kemungkinan 30-40 persen jika dilihat yang sudah ada. Terlihat juga beberapa klaster glamping yang sudah terbentuk pondasinya. Jadi saya lihat ini setiap klaster glamping, satu sumber air itu sudah selesai, kemudian toilet sistem kontainer,” terang Suhara dalam keterangannya, Minggu (31/1/2021).

Diketahui, area zona II sendiri akan ada 4 klaster masing-masing 2 klaster wanita dan 2 klaster pria, 1 klaster ada 4 tenda, dan 1 tenda bisa menampung 10 orang.

Suhara menjelaskan, fasilitas di RLC-19 zona II tak jauh berbeda dengan RLC-19 zona I, seperti mesin cuci, AC, ruang santai dan lainnya.

“Satu tenda 10 pasien, 160 kapasitas. Nanti tetap ada privasi ada sekatnya, juga ada AC standing, kemudian mesin cuci, jemuran, ruang santai. Kemudian ya kalau kelompok diantara empat tenda ada tempat silahturahmi, secara kebutuhan sama kaya zona 1. Kemudian dari segi evakuasi respon time baik hotline dan panic button setiap kamar nanti ketahuan di ruang kontrol,” ungkapnya.

Untuk pelayanan kesehatan, Suhara menuturkan akan ada penambahan tenaga medis, namun dilakukan secara bertahap.

“Penambahan tenaga medis secara bertahap, kami minta setengahnya dulu. Artinya selama ini kan 8 dokter kami minta 4 dulu, office boy yang utama kalau sekuriti bertahap,” tandasnya. (nlr/plp)


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

View Non AMP Version