Serpong

Pemuda di Kota Tangsel Harus Memiliki Sense of Belonging

Published

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Pemuda dan Olahrga (Dispora) terus  berusaha memupuk dan menumbuhkan karakter para pemuda  untuk mempunyai rasa memiliki atau “sense of belonging” terhadap kotanya, khususnya dalam bidang kepemudaan dan olahraga.

“Pemuda Tangsel jangan bosan untuk meningkatkan pengetahuannya di berbagai bidang, ini untuk membawa nama baik kota Tangsel,” kata Kepala Dispora Kota Tangsel Chaerudin saat di temui di kantornya, Kamis, (17/11/2016).

Chaerudin memaparkan, Kota Tangsel sebagai kota baru di Provinsi Banten yang akan berusia sewindu pada 26 November mendatang telah berhasil menorehkan berbagai macam prestasi membanggakan baik di tingkat provinsi, maupun tingkat nasional. Oleh karena itu, pihaknya selalu melakukan pembinaan dan penghargaan kepada para pemuda yang berprestasi sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Kota Tangsel atas kontribusi dan peran pemuda dalam memajukan daerahnya.

Advertisement

(Kepala Dispora Kota Tangsel Chaerudin saat memberikan piala dan piagam penghargaan kepada juara volley putri U-17 di Pondok Aren)

“Kita mewarnai di setiap event pemuda. Setiap tahun ada Bhakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP), Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) dan Kapal Pemuda Nusantara (KPN). Untuk Paskibraka Nasional juga setiap tahun ada perwakilan dari Tangsel dan masih banyak lagi yang lainnya. Ya itu semua putra putri terbaik yang berasal dari Tangsel,” ujarnya.

Selain memberikan pembinaan dan penghargaan, Dispora Kota Tangsel juga memberikan pelatihan-pelatihan dan penyuluhan bagi para pemuda.

“Yang terbaru, kita melakukan pelatihan kewirausahaan budidaya burung puyuh. Ini untuk menggali kreatifitas dan semangat kemandirian pemuda dalam berwirausaha. Kita juga akan mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) bagi pemuda,” ucap Chaerudin.

(Pelatihan Kewirausahaan budidaya burung puyuh bagi pemuda)

Sementara itu untuk bidang olahraga, sambung Chaerudin, sudah banyak prestasi yang telah dicapai Kota yang memiliki moto Cerdas, Modern, dan Religius itu. Diantaranya adalah tiga kali menjuarai  Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) di tingkat provinsi Banten, mengirimkan atlet-atlet dalam Kejurda, Kejurnas, maupun Internasional. Chaerudin menambahkan, atlet Kontingen Tangsel yang menjuarai Popda Banten saat ini tengah mengikuti Pekan Olahraga Wilayah (Popwil) tahun 2016 di Yogyakarta.

“Sebuah prestasi membanggakan bagi Kota Tangsel karena telah tiga kali juara Popda Banten secara berturut-turut. Hal ini menjadi parameter bahwa atlet-atlet terbaik banyak yang berasal dari Tangsel. Walaupun Tangsel kota yang baru, akan tetapi mampu bersaing dan mengalahkan atlet-atlet lainnya di kabupaten/kota di Provinsi Banten,” jelas Chaerudin yang sudah lima tahun memimpin Dispora Kota Tangsel itu.

(Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany dalam acara Jalan Santai dan Senam Sehat yang digelar Dispora Tangsel)

Caherudin berharap, para atlet yang ada di Kota Tangsel terus berjuang dan berlatih, karena ke depan masih banyak tantangan untuk meraih prestasi dan membawa harum Kota Tangsel. Sebagai bentuk apresiasi, Dispora Tangsel dalam waktu dekat akan memberikan penghargaan dan reward bagi insan olahraga yang berprestasi. (SR)

 

Advertisement

Populer

Copyright © 2012-2021 Argya Digital Media

View Non AMP Version