PSU Tiga TPS di Tangsel, Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan Unggul

By: kabartangsel.com Minggu, 13 Desember 2020

KPU Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melangsungkan pemungutan suara ulang (PSU) di tiga TPS, Minggu (13/12/2020). PSU dilakukan setelah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan adanya pelanggaran saat proses pemungutan dan penghitungan suara pada Rabu (9/12/2020).

Pada pelaksanaan PSU ini, partisipasi pemilih mengalami penurunan drastis dibanding saat pencoblosan 9 Desember lalu. Adapun TPS yang melangsungkan PSU itu yakni TPS 30 Kelurahan Rengas, TPS 15 Kelurahan Pamulang Timur serta TPS 40 Kelurahan Cempaka Putih.

Hasilnya, pasangan nomor urut 03, Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan memperoleh suara tertinggi dibanding dua pesaingnya.  Padahal sebelumnya, pasangan ini berada dibawah raihan suara Muhamad-Saraswati.

Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS 30 Rengas, M Sepenulis Firmansyah mengatakan, total suara masuk di TPS 30 mencapai 109 suara dimana suara tidak sah ada 2. Untuk hasilnya, Benyamin-Pilar unggul dengan 68 suara. Sementara Muhamad-Saraswati meraih 26 suara dan pasangan Azizah-Ruhmaben hanya 13 suara.

Menurutnya, torehan suara pada pemungutan suara ulang ini berbeda jauh dengan pemungutan suara sebelumnya, Rabu (9/12/2020) lalu. Saat itu, pasangan calon nomor urut 01 Muhamad -Saraswati unggul dengan memperoleh suara terbanyak, sebesar 60 suara.

“Kemudian paslon 02 (Azizah-Ruhamaben) mendapatkan 43 suara. Dan paslon 03 (Benyamin-Pilar) mendapatkan 49 suara. Sebelumnya yang hadir sebanyak 157 pemilih, dan jumlah suara tidak sahnya 5,” tuturnya.

Sama halnya PSU di TPS 15 Kelurahan Pamulang Timur, Kecamatan Pamulang. Dari 151 suara yang masuk, Benyamin-Pilar unggul dengan 87 suara. Kemudian, pasangan Muhamad-Saraswati 18 suara, dan Azizah-Ruhmaben memperoleh 41 suara. “Untuk suara tidak sah ada 5 suara,” papar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pamulang Herry Setiawan.

Herry menjelaskan, pada pemungutan suara sebelumnya, Rabu (9/12/2020) lalu terdapat 233 pemilih yang datang ke TPS. Sementara jumlah pemilih dalam DPT berjumlah 369. “Sekarang hanya 151 pemilih yang hadir,” tutur Herry.

“Selama proses pencoblosan berjalan lancar. Jadi tadi ketua KPPS sebelumnya digantikan oleh anggotanya. Dan kami rekrut lagi anggota KPPS baru dan kami SK-kan,” sambungnya.

Sementara itu, hasil PSU TPS 40 Kelurahan Cempaka Putih, Ciputat Timur menunjukkan perolehan suara pasangan Benyamin-Pilar unggul dengan 128 suara. Disusul kemudian pasangan Muhamad-Saraswati dengan 61 suara dan Azizah-Ruhamaben hanya 17 suara. Total pemilih yang menggunakan hak pilihnya 209 dari jumlah yang terdaftar di DPT 422 pemilih. Suara tidak sah 3. [red


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

View Non AMP Version