Rektor Amany Lubis Harap Kerjasama UIN Jakarta-DPR RI Bisa Terus Ditingkatkan

By: kabartangsel.com Selasa, 23 Februari 2021

Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Amany Lubis MA mendorong kerjasama UIN Jakarta dan DPR RI bisa terus ditingkatkan di masa-masa mendatang. Selain sosialisasi perundan-undangan, konferensi, dan pelatihan, kerjasama bisa ditekankan melalui program magang dan survei mahasiswa serta pelibatan para dosen di bidang hukum dan perundangan.

Demikian disampaikan Rektor dalam rapat kordinasi dan evaluasi kerjasama Badan Keahlian Sekretariat Jenderal DPR RI bersama pimpinan sejumlah perguruan tinggi di Bogor, Senin (22/2/2021). “Kerjasama UIN Jakarta melalui sejumlah fakultas seperti Fakultas Syariah dan Hukum dan berbagai fakultas lainnya, semoga bisa terus ditingkatkan di tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Rektor menuturkan, sejak 2015 UIN Jakarta dan DPR RI telah bekerjasama secara intens. Periode 2015-2019 misalnya, kedua lembaga bekerjasama menyelenggarakan bimbingan teknis legal drafting sebanyak 12 angkatan dengan total peserta 3000 orang.

Selanjutnya pada periode 2019-2020, bimbingan serupa dilaksanakan sebanyak lima angkatan dengan total peserta 2000 orang. Sejak awal tahun 2021, bimbingan yang sama telah digelar sebanyak dua angkatan dengan total 700 orang peserta.

Ke depan, sambung rektor, kerjasama diharapkan bisa dilanjutkan dengan melibatkan mahasiswa dan para dosen. Dalam kerjasama ini, para mahasiswa bisa diberi kesempatan melakukan magang dan penelitian di DPR RI.

“Sebab saat ini, selain ijazah mahasiswa juga diberi Surat Keterangan Pendamping Ijazah atau SKPI yang merekam prestasi dan pengalaman mereka selama kuliah. Itu menjadi poin tersendiri saat mereka terjun ke dunia profesi,” jelasnya.

Sementara pelibatan dosen, tambahnya, bisa dilakukan dengan pelibatan mereka dalam penelitian hukum, penyusunan naskah akademik, pengabdian masyarakat, sosialisasi perundangan dan lainnya. (rls/fid)


Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

View Non AMP Version