Nasional

[SALAH] “Jokowi sdh berkunjung ke Christchurch”

Bukan ke Christchurch, kunjungan Jokowi di video yang dibagikan adalah ke Wellington di 18 Maret 2018 lalu. Video direkam dari seberang Hotel Intercontinental di Grey Street, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

Advertisement

======

SUMBER

http://bit.ly/2HT0CoX https://archive.fo/x4cNS, akun “Jamin Djunaedi” (twitter.com/JaminDjunaedi1), sudah dibagikan 26 kali per tangkapan layar dibuat.

(Sumber-sumber lainnya di bagian CATATAN di bawah).

Advertisement

======

NARASI

“Diam2..Tanpa banyak omong, Presiden RI Jokowi sdh berkunjung ke Christchurch – New Zealand..keren abis ??????”.

======

Advertisement

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • SUMBER membagikan video kunjungan Jokowi ke Wellington (Selandia Baru) di 18 Maret 2018 lalu.
  • SUMBER menambahkan narasi untuk membangun premis pelintiran mengenai lokasi video yang sebenarnya, kunjungan ke Wellington disebut ke Christchurch, berhubungan dengan kejadian penembakan massal yang belum lama ini terjadi.

——

(2) Beberapa informasi yang terkait:

Advertisement
  • KEDUTAAN BESAR REPUBLIK INDONESIA DI WELLINGTON, NEW ZEALAND @ 23 Mar 2018: “Minggu (18/3/18) malam, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mendarat di wellington, Selandia Baru setelah melakukan kunjungannya ke Sydney Australia. Kehadirannya sudah ditunggu oleh ratusan masyarakat yang menunggu di Hotel tempat kediamanan Presiden Jokowi selama berada di Wellington. Antusias masyarakat yang tidak mengenal waktu dan Presiden Jokowi yang tidak mengenal lelah akhirnya bertemu di halaman Hotel Intercontinental…”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.
  • BeritaSatu(dot)TV @ 19 Mar 2018: “… Tidak ingin melewatkan momen, para WNI yang antusias turut berswafoto dengan Jokowi.”, selengkapnya di (2) bagian REFERENSI.

——

(3) http://bit.ly/2FrMp0e Google Maps: “1 Grey St

Wellington

Google

Street View – Dec 2018″.

Advertisement

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2Oh0YXz KEDUTAAN BESAR REPUBLIK INDONESIA DI WELLINGTON, NEW ZEALAND: “Kunjungan Presiden Jokowi dan Iriana di Selandia Baru

Jumat, 23 Maret 2018

Advertisement

(galeri foto)

Minggu (18/3/18) malam, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mendarat di wellington, Selandia Baru setelah melakukan kunjungannya ke Sydney Australia. Kehadirannya sudah ditunggu oleh ratusan masyarakat yang menunggu di Hotel tempat kediamanan Presiden Jokowi selama berada di Wellington.

Antusias masyarakat yang tidak mengenal waktu dan Presiden Jokowi yang tidak mengenal lelah akhirnya bertemu di halaman Hotel Intercontinental, Interaksi antara masyarakat dan Presiden yang tanpa mengenal batas memberikan kesan tersendiri terhadap masyarakat Indonesia yang memang sudah lama rindu lahirnya presiden yang merakyat. Meskipun esok harinya akan melaksanakan serangkaian kegiatan yang begitu padat, namun tidak mengendorkan semangat Presiden untuk bertemu dengan masyarakat Indonesia.

Kegiatan Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana, Senin (19/3/18), dijadwalkan menghadiri sejumlah agenda di Selandia Baru. Mengawali kegiatannya Senin pagi, Kepala Negara dan Ibu Negara melakukan jalan santai bersama 30 mahasiswa/pelajar asal Indonesia yang sedang menempuh studi di Selandia Baru. Masyarakat Indonesia yang menetap di sana juga tampak ikut dalam jalan santai itu. Menempuh sekitar 1 kilometer dari hotel tempat menginap sampai Waterfront, Presiden serta mahasiswa dan pelajar berbincang tentang banyak hal.

Advertisement

Acara selanjutnya, Presiden dan Ibu Negara akan bertolak ke Government House untuk bertemu Gubernur Jenderal Selandia Baru Dame Patsy Reddy dan Sir David Gascoigne.

Setelah acara itu, Jokowi mengunjungi Pukeahu War Memorial untuk mengikuti upacara peletakkan karangan bunga yang dilanjutkan dengan jamuan makan siang kenegaraan.

Pertemuan Business Meeting merupakan rangkaian kegiatan selanjutnya dimana Presiden akan hadir dan bertemu dengan para pengusaha Selandia Baru di CEO Forum bertempat di the Majestic Center. Di dalam forum itu, dihadiri oleh 28 CEO dari Indonesia dan Selandia Baru.

Sore harinya, Presiden akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern di Gedung Parlemen Selandia Baru. Ketua Parlemen Trevor Mallard direncanakan akan menyambut kedatangan Presiden Jokowi.

Advertisement

Selain itu Presiden Jokowi juga bertemu dengan Ketua Partai Oposisi dari Partai National, Simon Bridges yang baru saja terpilih.

Setelah melaksanakan aktifitas resmi, malam harinya Presiden dan Ibu Negara bertemu dengan kurang lebih 1000 masyarakat Indonesia di Museum Te Papa. Jadwal yang tadinya hanya dialokasikan 1 jam ternyata menjadi 2 jam.

Acara ini merupakan agenda terakhir Presiden Jokowi di Selandia Baru. selanjutnya Presiden Jokowi beserta rombongan langsung bertolak ke Jakarta menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 dan dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Selasa (20/3/2018). (Sumber: KBRI Wellington)​”

——

Advertisement

(2) http://bit.ly/2Wi8i81 BeritaSatu(dot)TV: “Presiden Jokowi Tiba di Selandia Baru

(video)
OLEH BERITASATU // MARCH 19, 2018 // 10:19

LIPUTAN: NATIONAL WORLD

Presiden Joko Widodo berserta rombongan tiba di Wellington, Selandia Baru, Minggu (18/03/2018), pukul 22.20 waktu setempat. Kunjungan kenegaraan tersebut sekaligus menandai peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Selandia Baru.

Advertisement

Kedatangan Jokowi disambut Menteri Keuangan sekaligus Menteri Olahraga Selandia Baru Grant Robertson, Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Trevor Matheson dan sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di sana.

Tidak ingin melewatkan momen, para WNI yang antusias turut berswafoto dengan Jokowi.”

——

(3) http://bit.ly/2TPqCJ1 Google Maps, jarak antara Wellington <> Christchurch adalah 439 km (via jalur darat).

Advertisement

——

(4) http://bit.ly/2UQgHiK, laporan (mention) ke akun @turnbackhoax (twitter.com/turnbackhoax).

======

CATATAN

Advertisement

Beberapa sumber lain,

tidak spesifik menyebutkan Christcurch tetapi karena berpotensi menyesatkan (misleading, karena dihubung-hubungkan dengan kejadian penembakan massal yang belum lama ini terjadi) maka di-flag sebagai kategori “Mixture” di Facebook.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/859172501081953/

Advertisement

Bukan ke Christchurch, kunjungan Jokowi di video yang dibagikan adalah ke Wellington di 18 Maret 2018 lalu. Video direkam dari seberang Hotel Intercontinental di Grey Street, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/859172501081953/

Người đăng: Aribowo Sasmito vào Thứ Sáu, 22 tháng 3, 2019

Bukan ke Christchurch, kunjungan Jokowi di video yang dibagikan adalah ke Wellington di 18 Maret 2018 lalu. Video direkam dari seberang Hotel Intercontinental di Grey Street, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/859172501081953/

Người đăng: Aribowo Sasmito vào Thứ Sáu, 22 tháng 3, 2019

Advertisement

http://platform.twitter.com/widgets.jshttps://connect.facebook.net/vi_VN/sdk.js#xfbml=1&version=v3.2https://connect.facebook.net/vi_VN/sdk.js#xfbml=1&version=v3.2

Copyright ©

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version