Pamulang

Selamatkan Lingkungan Dengan Mobil Let’s Go Green

Kampanye pelestarian lingkungan hidup di Kota Tangerang Selatan tak hanya pada gerakan menanam pohon saja. Seperti aktivitas yang dilakukan Walikota Airin Rachmi Diany mengendarai mobil listrik buatan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Senin, 17 Desember 2012.

Tampak Walikota Tangsel mengendarai sendiri mobil listrik itu dalam kegiatan Apel Kesadaran Nasional dan Peringatan Hari Ibu ke-84 di lapangan Pamulang. Walikota sengaja menggunakan Mobil tersebut sebagai sosialisasi dan kampanye Tangerang Selatan Sehat sekaligus memberikan contoh kepada masyarakat akan pentingnya kendaraan yang ramah lingkungan.

“Mobil ini bagus karena nyaman dan yang paling penting adalah ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan gas CO2 yang dapat merusak lingkungan, untuk itu sudah selayaknya kita gunakan sehari-hari. Sayangnya mobil ini belum diproduksi dalam jumlah yang banyak. Saya sangat mengapresiasi program bapak Menteri Dahlan Iskan dan berharap mobil listrik ini dapat segera dikembangkan lebih banyak lagi,” kata Walikota Airin.

Setelah kegiatan apel selesai, Walikota melanjutkan aktivitasnya dengan menggunakan mobil listrik ke kantor DPRD dan kantor Walikota di kecamatan Setu. mengendarai mobil bertajuk let’s go green – go electric ini, Walikota memilih tanpa pengawalan atau vooridjer.

“Saya memang sengaja untuk tidak menggunakan pengawal. Saya bawa mobilnya kencang. Kalau pakai pengawal enggak bisa tes mobil,” ungkap Walikota Airin, usai menjajal car electric di kantor Griya Pena Harian Tangsel Pos.

Advertisement

Walikota pun menyosialisasikan mobil ramah lingkungan ini ke jajaran kepala SKPD dan staf pada apel tersebut. Niat untuk menjadikan ‘mobil hijau’ itu menjadi kendaraan dinas pun muncul. Walikota Airin menegaskan akan mempertimbangkan car electric ini untuk keperluan dinas. Pertimbangan itu apakah mobil elektrik ini bisa digunakan untuk luar kota atau hanya di dalam kota saja.

“Mobil ini nyaman, bagus sekali. Penggunakan mobil ini dalam rangka energi terbarukan. Kami terima kasih sekali kepada pak Dahlan terkait mobil ini,” katanya.

Bicara tentang pemanfaatan mobil ini menjadi kendaraan dinas, Walikota Airin menegaskan, pihaknya menunggu launching resmi dari electric car tersebut. Menurutnya, pemanfaatan mobil ini sangat baik jika didukung oleh infrastrukturnya, seperti lokasi charger mobil atau tempat pengisian tenaga listrik dan infrastruktur lain yang mendukung operasionalnya.

“Jika sudah launching, kami bisa pertimbangkan penyediaan anggaran untuk pemanfaatan mobil ini apakah akan dimanfaatkan di seluruh kalangan SKPD atau hanya SKPD tertentu saja,” ujarnya.

Advertisement

Usai menghadiri apel, Walikota Airin pun kembali mengendarai mobil eletrik ini untuk membuka taman bacaan masyarakat di Kademangan, Setu. Dalam kunjungan tersebut, beliau kembali mensosialisasikan mobil tersebut kepada masyarakat. Memang bukan hal baru baginya dalam konsep go green. Namun, dengan kehadiran mobil ini, menurutnya bisa menjadi suatu masukan atau solusi bagi masyarakat Tangerang Selatan dalam hal kesadaran lingkungan.

“Senang sekali ya bisa mengenalkan mobil ramah lingkungan ini ke masyarakat. Antusiasnya sangat bagus,” ucapnya.

Di akhir tes berkendara (test drive) mobil elektrik ini, Walikota Airin yang mengemudikan mobil ini kembali ke Griya Pena. Dirinya mengakui, banyak kesan yang didapat saat mengendarai mobil hijau ini. Airin menyebut, mobil ini layak menyandang predikat mobil peduli lingkungan.(bpti-ts/kt)

Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version