Lifestyle

Suplemen Zat Besi Tak Boleh Diminum Sembarangan, Ini 4 Aturannya

Tak hanya orang yang mengalami kekurangan zat besi, orang yang terkena anemia, ibu hamil, dan ibu menyusui juga membutuhkan suplemen zat besi. Jika Anda termasuk ke dalam kelompok orang yang perlu minum suplemen zat besi, maka Anda mesti tahu dulu aturan saat meminumnya. Lalu, apa saja aturan yang harus diperhatikan?

Aturan penting saat minum suplemen zat besi

Berikut ini beberapa aturan penting yang harus Anda perhatikan sebelum minum suplemen zat besi, di antaranya:

1. Perhatikan dosis dan waktu minum suplemen

Suplemen zat besi dapat dikonsumsi dalam bentuk kapsul, tablet, tablet kunyah, atau cairan. Apa pun bentuknya, selalu perhatikan dosis dan waktu minum suplemen sesuai anjuran dokter.

Advertisement

Untuk mengatasi anemia defisiensi besi pada orang dewasa, biasanya diperlukan dosis 100-200 miligram (mg) suplemen per hari. Suplemen ini harus diminum 2 kali sehari, tergantung dari masing-masing pasien. Kalau masih bingung dengan aturannya, jangan ragu menanyakannya pada dokter.

2. Hindari makanan tertentu

Suplemen zat besi memiliki beberapa efek samping seperti sakit perut, mual, muntah, diare, BAB warna hitam, atau sembelit. Sebagai solusinya, perbanyaklah makan makanan tinggi serat, seperti biji-bijian, sayuran, atau buah-buahan, untuk meringankan efek sampingnya.

Akan tetapi, Anda tidak boleh mengonsumsi makanan berserat tinggi bersamaan dengan jadwal minum suplemen, ya. Pasalnya, hal ini dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh sekaligus menghilangkan manfaatnya.

Efek serupa juga akan terjadi bila Anda mengonsumsi jenis makanan berikut:

Advertisement
  • Keju dan yogurt
  • Telur
  • Susu
  • Sayur bayam
  • Teh, kopi, atau minuman berkafein lainnya
  • Roti gandum dan sereal
  • Obat maag

Ada baiknya, berikan jeda minimal 2 jam setelah Anda makan makanan tersebut. Dengan begitu, penyerapan zat besi tidak akan terganggu dan Anda bisa merasakan khasiatnya dengan maksimal.

3. Barengi dengan minum suplemen vitamin C

Selain dengan air putih, Anda boleh minum suplemen zat besi dengan jus jeruk atau suplemen vitamin C lainnya, lho! Kandungan vitamin C dapat mempercepat penyerapan zat besi di dalam tubuh, sehingga manfaatnya pun bisa Anda raih secara maksimal.

4. Konsultasikan ke dokter

Bila Anda sudah minum suplemen zat besi tapi justru merasakan mual, muntah, sembelit, atau efek samping lainnya, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh dosis suplemen zat besi yang terlalu besar. Dokter biasanya akan menurunkan dosisnya sedikit demi sedikit sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kabartangsel.com

Advertisement

Source

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version