Ciputat

Benyamin Davnie Terima Kunjungan DPD RI, Bahas Tentang Penanggulangan Bencana

Wakil Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie menerima kunjungan DPD RI, Senin (8/2), di Ruang Blandongan, Pusat Pemerintahan Kota (Puspemkot) Tangsel. Dalam kunjungan tersebut, DPD RI yang diwakili oleh senator Abdullah Puteh dan senator Dapil Banten Andiara Aprilia Hikmat melakukan pengawasan atas pelaksanaan undang-undang nomor 24 tahun 2017 tentang penanggulangan bencana.

Terkait dengan penanggulangan bencana dan Covid-19 di Kota Tangsel, Benyamin Davnie menjelaskan bahwa Tangsel masih memberlakukan PPKM sebagaimana yang direkomendasikan oleh Pemerintah Pusat. Sementara terkait banjir, Benyamin mengatakan proses penanganannya membutuhkan koordinasi dengan daerah-daerah yang berada di sekitar Tangsel.

”Itu perlu kerjasama, dengan daerah lain, Pemerintah Pusat juga,” kata pria yang akrab disapa Bang Ben ini.

Benyamin menambahkan bahwa untuk kerjasama, Pemerintah Kota Tangsel sudah berusaha melakukan koordinasi dengan salah satu caranya adalah pembangunan drainase antar daerah. Jika tidak melakukan koordinasi dengan daerah lain dikhawatirkan hanya akan memindahkan titik banjir saja.

Advertisement

Sementara hal lainnya yang dibahas dalam kesempatan tersebut adalah ketersediaan pangan pada dua kecamatan di Kota Tangsel. Dimana dari kriterianya, Serpong Utara dan Ciputat memiliki pengeluaran masyarakat untuk konsumsi lebih besar daripada kecamatan yang lainnya. Sehingga dibutuhkan lebih banyak ketersediaan pangan.

Benyamin menegaskan, ketersediaan pangan harus dijaga, agar tidak terjadi inflasi yang secara otomatis akan membuat pengeluaran yang lebih besar.

”Dampaknya mengurangi saving akhirnya membentuk kemiskinan. Solusinya adalah dengan bantuan pangan dari berbagai pihak,” kata dia.

Untuk bencana non alam, Benyamin menyampaikan tahun ini Pemkot Tangsel menyiapkan anggaran untuk penanganan Covid-19. Dengan adanya anggaran yang sudah disiapkan oleh pemerintah, dia berharap bisa menangani bencana. Sehingga warga Tangsel bisa hidup dengan nyaman di kota termuda di Banten ini.

Advertisement

Anggota DPD RI, Andiara Aprilia Hikmat menjelaskan bahwa dirinya sudah mendengarkan apa saja sekiranya hal yang memang dibutuhkan oleh masyarakat Tangsel. Namun dipastikan bahwa DPD RI akan membantu memberikan fasilitas berupa dukungan anggaran.

”Karena kita bicara soal Banten, jadi nantinya kita akan support anggaran. Kepada Pak Gubernur dan Pak Wakil Gubernur,” kata senator Dapil Banten ini yang menambahkan bahwa dukungan ini untuk membantu pemerintah daerah dalam mengatasi berbagai bencana yang bisa saja terjadi. (red/fid)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version