Nasional

Wapres RI Ajak MRP, DPRP, dan Pemda Perkuat Kolaborasi Majukan Kesejahteraan Papua

Wakil Presiden RI (Wapres) Ma’ruf Amin menekankan pentingnya penguatan kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan untuk mendorong percepatan pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua.

Hal tersebut disampaikan Wapres dalam pertemuan dengan Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP), Majelis Rakyat Papua (MRP), dan Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Papua yang membahas mengenai pelaksanaan otonomi khusus (otsus) Papua, di  Gedung Keuangan Negara, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (29/11/2022).

“Saya mengajak semua pihak untuk memperkuat pola sinkronisasi, harmonisasi, dan koordinasi, di tingkat pusat, provinsi, juga kabupaten/kota, termasuk mengoptimalkan kemitraan dengan para pihak yang terkait lainnya,” ujar Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin saat membahas pelaksanaan otonomi khusus Papua bersama.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres juga menyampaikan apresiasi kepada pemerintah daerah (pemda), MRP, dan DPRP yang telah mengelola perkembangan otsus Papua.

Advertisement

“Saya mengapresiasi Pemda Papua, DPRP, dan juga MRP, yang telah mengelola otsus dengan segala dinamikanya. Saya juga harap kinerja bersama ini dapat semakin ditingkatkan ke depan,” ujarnya.

Terkait pembentukan daerah otonom baru (DOB), Wapres menyampaikan bahwa kehadiran provinsi-provinsi baru tersebut merupakan game changer yang diharapkan mampu meningkatkan pembangunan dan kualitas pelayanan publik di Papua.

“Kehadiran provinsi baru ini agar disikapi bahwa ini merupakan game changer yang akan mengubah desain pembangunan dan pelayanan publik sehingga lebih dekat kepada akar rumput,” tuturnya.

Wapres pun mengajak semua pihak untuk bersama bekerja secara optimal untuk pembangunan kesejahteraan masyarakat Papua.

Advertisement

“Mari kita niatkan kita ingin memulai membangun Papua dengan semangat yang baru, tekad yang baru, dan dengan desain yang baru, dan akan menghasilkan hasil yang optimal untuk Papua,” pungkasnya.

Usai pertemuan tersebut, Wapres yang juga merupakan Ketua Badan Pengarah Papua (BPP) melakukan penabuhan tifa dan pengguntingan pita sebagai tanda peresmian operasional Sekretariat BPP yang berlokasi di Lantai 5 Gedung Keuangan Negara Jayapura.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo, Sekretaris Daerah Provinsi Papua Muhammad Ridwan Rumasukun, Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, Ketua MRP Timotius Murib, Ketua DPRP Johny Banua Rouw, dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Papua. (sk)

Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version