Cek Fakta

Anies Baswedan Mendapat Gelar Amirul Amanah dari Arab Saudi? Cek Faktanya!

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa A.

Bukan foto Anies Baswedan yang menerima gelar Amirul Amanah dari Arab Saudi. Faktanya, foto tersebut merupakan foto Anies yang menerima hadiah jubah dari seorang syekh di Jeddah.

Selengkapnya di bagian Penjelasan.

Advertisement

= = = = =

KATEGORI: Konteks yang Salah/False Context

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/4JJRa

Advertisement

= = = = =

NARASI:

“Alhamdulillah ya Rabb, Gubernur Indonesia, Anies Baswedan mendapat gelar “Amirul Amanah” (Pemimpin yg Amanah) dari Saudi Arabia.”

= = = = =

PENJELASAN:

Advertisement

Akun Facebook dengan nama pengguna “Sabar Jadi Panjaitan” (https://www.facebook.com/sabarjadi.panjaitan) mengunggah sebuah foto yang menunjukkan Anies Baswedan mengenakan jubah berwarna hitam didampingi oleh dua orang lainnya. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa foto tersebut merupakan foto Anies saat menerima gelar Amirul Amanah dari Arab Saudi.

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tersebut bukan merupakan foto Anies Baswedan yang menerima gelar Amirul Amanah dari Arab Saudi. Faktanya, foto tersebut merupakan foto Anies yang menerima hadiah jubah dari seorang syekh di Jeddah pada tahun 2017 lalu. Foto serupa dapat ditemukan dalam artikel Kumparan yang berjudul “Anies Baswedan Dapat Hadiah Jubah dari Seorang Syekh di Jeddah” yang diunggah pada 8 September 2017.

Narasi serupa juga pernah beredar sebelumnya. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan artikel berjudul “[SALAH] Anies Baswedan Dapat Gelar Amirul Amanah atau Pemimpin Yang Amanah” yang diunggah pada 8 Februari 2020.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Sabar Jadi Panjaitan” (https://www.facebook.com/sabarjadi.panjaitan) tersebut dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

Advertisement

= = = = =

REFERENSI:

https://kumparan.com/kumparannews/anies-baswedan-dapat-hadiah-jubah-dari-seorang-syekh-di-jeddah

https://turnbackhoax.id/2020/02/08/salah-anies-baswedan-dapat-gelar-amirul-amanah-atau-pemimpin-yang-amanah/

 

Turnbackhoaks

Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Populer

View Non AMP Version