Pemerintahan

PPDB Tangsel 2020 Dimulai Juni, Proses Pendaftaran Secara Online

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memastikan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) bakal segera dimulai awal Juni 2020. Semua proses bakal menggunakan sistem daring (online) guna mencegah penularan Covid-19.

Tahapan PPDB nantinya akan berturut-turut dilaksanakan bagi jenjang TK, SD dan SMP. PPDB tingkat TK akan dimulai tanggal 8 Juni sampai 13 Juni 2020, tingkat SD tanggal 8 Juni hingga 20 Juni 2020. Sedangkan tingkat SMP tanggal 16 Juni hingga 20 Juni 2020.
Dalam pelaksanaan PPDB kali ini, terdapat sedikit hal yang berbeda. Seluruh pendaftaran akan dilaksanakan secara jarak jauh, atau daring. Hal itu untuk mencegah adanya kerumunan orang dalam menghindari transmisi virus corona, dan tidak boleh ada yang datang ke sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, Taryono.

Taryono menjelaskan, pihaknya tidak akan memungut biaya alias gratis. Oleh sebab itu, dia meminta agar calon siswa dan wali murid tak ragu melapor jika mendapati ada oknum yang meminta pembayaran.

“Jika ada oknum yang meminta bayaran silakan melapor, tentu akan ada sanksi tegas,” imbuhnya.

Pelaksanaan PPDB akan disesuaikan dengan pemenuhan 4 poin dasar, yaitu tidak ada diskriminasi, objektif, transparan dan akuntabel. Sehingga, calon siswa yang diterima masuk benar-benar telah memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan.

Advertisement

Sementara, untuk persentase jalur penerimaan sudah diatur lengkap dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 44 Tahun 2019 tentang PPDB tingkat TK, SD, SMP, hingga SMA, dan SMK. Di mana jalur zonasi memiliki persentase lebih besar, yakni 50 persen, kemudian disusul jalur prestasi sebesar 30 persen.

“Jalur afirmasi 15 persen, kemudian jalur perpindahan orang tua 5 persen. Prinsipnya walaupun di masa pandemi Covid-19, namun layanan pendidikan harus berjalan dengan baik,” tutupnya. (rls/fid)

Baca juga: Jadwal PPDB TK Pembina, SD, dan SMP Negeri Tangsel 2020/2021

Lampiran: Panduan PPDB TK Pembina Negeri, SD Negeri, dan SMP Negeri Kota Tangerang Selatan  Tahun Ajaran 2020 2021

Advertisement

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version