Ciputat

Dalam Sepekan Terakhir, Suhu Ciputat Tangsel Terpanas Sejabodetabek

Legoso dari udara Foto Instagram @skytangsel

Sejumlah wilayah di Indonesia dilanda suhu panas. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut suhunya mencapai 36,1 derajat celcius.

Dalam pantauan BMKG, beberapa wilayah di Indonesia punya suhu panas beragam setiap harinya. Suhu maksimum terukur selama periode tanggal 1-7 Mei 2022 berkisar antara 33-36,1 derajat celcius.

Suhu maksimum tertinggi hingga 36,1 derajat celcius terjadi di wilayah Tangerang-Banten dan Kalimar-Kalimantan Utara.

 

Advertisement

Sementara itu, dalam sepekan terakhir Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi daerah yang suhunya paling panas di Jabodetabek.

Dilansir situs resmi BMKG, berdasarkan stasiun titik pengamatannya, Ciputat menjadi daerah dengan suhu terpanas sejak Minggu (7/5). Hanya pada Selasa (10/5) Ciputat ada di urutan ketiga wilayah dengan suhu terpanas di Indonesia dengan suhu antara 35-36 derajat celcius.

“Bisa [Ciputat disebut sebagai daerah dengan suhu terpanas] itu diambil dari data di titik pengamatan,” kata Fahry Rajab, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG melansir dari CNN Indonesia.

Lebih lanjut, cakupan wilayah yang masuk dalam pengamatan di stasiun BMKG Ciputat, Fahry menjelaskan hal itu tergantung jenis permukaannya. Jika permukaannya datar, suhunya relatif sama dalam radius yang luas.

Advertisement

Fahry memastikan suhu panas saat ini tidak akan mencapai 40 derajat celcius seperti yang pernah terjadi di Larantuka 2012.

“Sampai akhir musim kemarau (November 2022) mungkin saja suhnya mencapai 36 derajat. Tapi tidak sampai 40 derajat seperti info yang beredar,” sebut Fahry.

“Suhu maksimum tertinggi di Indonesia pada bulan April selama 4-5 tahun terakhir sekitar 38.8 derajat celcius di Palembang pada tahun 2019, sedangkan di bulan Mei sekitar 38.8 derajat celcius di Temindung Samarinda pada tahun 2018,” ungkap BMKG melalui rilis resminya.

Advertisement

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Populer

View Non AMP Version
Exit mobile version