Connect with us

Serpong

Minggu Ini, PLN Serpong Akan Bongkar Tiang Listrik di Jl. Puspitek

Perusahaan Listrik Negara (PLN) area Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), berjanji akan segera membongkar se­banyak 59 tiang listrik di se­panjang Jalan Raya Puspitek Kecamatan Setu. Meski de­mikian, PLN mengaku sulit berkoordinasi dengan pihak Provinsi Banten.

“Disuruh ini itu, begini begitu, tapi saat pihak provinsi diminta bertemu di lapangan, mereka tidak mau,” ungkap Suvervisor Pemeliharaan PLN Area Ser­pong, Sudarno, saat ditemui di kantornya, Jumat (13/9).

Lebih jelas dia mengatakan, sejak tahun 2012 PLN me­mang sudah diajak berkoordi­nasi dengan Dinas Bina Mar­ga Provinsi Banten. Namun setiap kali bertemu, tidak pernah ada putusan atau jalan keluar yang didapat.

Advertisement

“Selalu buntu, tidak pernah bawa hasil bagaimana me­kanisme atau teknisnya,” ujar Sudarno. Meski berkali-kali berkoordinasi akan bertemu di lapangan, tiba-tiba yang diper­temukan di lapangan adalah orang proyeknya, tidak ada pi­hak berwenang dari provinsi.

Akhirnya, PLN Area Ser­pong pun berinisiatif untuk menganggarkan pemindahan tiang listrik. Setidaknya dari depan DPRD Kota Tangsel hingga depan Pos Polisi Sek­tor (Polsek) Cisauk, ada 59 tiang listrik yang masih aktif untuk dipindahkan.

PLN Area Serpong sudah berkoordinasi dengan PLN Gambir, setelah disurvey ke­mudian dibuatkan Rancan­gan Anggaran Biaya (RAB). “Kami buat dua konsep pengganti, model bawah ta­nah dan diatas. Namun pusat menyetujuinya diatas tanah atau kembali menggunakan tiang,” jelas Sudarno.

Untuk memindahkan 59 tiang listrik tersebut, setidaknya PLN harus menggelontorkan hampir Rp 1 miliar. Mulai dari pengadaan tiang dan kabelnya. Itu pun dengan model terbaru, tidak seperti model lama yang saat ini masih berdiri kokoh di tengah-tengah Jalan Raya Pus­piptek. Pemenang lelang pun sudah keluar.

Advertisement

Sudarno menjamin, penger­jaan pemindahan dan pema­sangan material kabel dan tiangnya sampai diminggu ini akan langsung dilakukan. “Le­tak tiangnya juga sudah kami tentukan, yakni di sebelah kan­an jalan jika dari arah Taman Tekno, atau berada sejajar den­gan TMP Lengkong,” tuturnya.

Assisten Manager Konstruksi PLN Area Serpong, Suroso mengatakan, agar tak merusak beton jalan yang sudah diban­gun provinsi, tiang listrik terse­but akan dipotong atau tidak digali. Meski sudah meren­canakan sematang itu, pihaknya mengaku masih ragu apakah lo­kasi tiang yang baru nanti aman.

“Jangan sampai titik tiang yang baru ini malah dibong­kar lagi atau malah diprotes warga,” katanya. Sebab hing­ga sekarang, pihak provinsi maupun Pemkot Tangsel be­lum bisa diajak berkoordinasi lebih dalam mengenai ren­cana tersebut.

PLN dalam hal ini sudah siap action, memindahkan semua tiang listriknya. Sebab dari awal berkoordinasi den­gan pemerintah setempat un­tuk pemindahan tiang listrik, pemprov tidak mau memberi­kan anggaran untuk pemin­dahan. ”Ya sudah kami nga­lah. Secara kenyamanan dan penglihatan juga itu sudah tak benar, kami sudah siap me­mindahkan tiang listrik itu,” tegasnya. (satelit/kt)

Advertisement

Populer