Connect with us

Pemerintahan

Persiapan Pembukaan Porkot Tangsel Capai 90 Persen, Hamka Handaru: Ada Arak-Arakan 24 Atlet Peraih Medali PON

Persiapan jelang pembukaan Pekan Olahraga Kota (Porkot) 2024 Komite Olahraga Nasional (KONI) Tangsel sudah mencapai 90 persen. Tuan rumah Porkot 2024 Serpong Utara dihelat pada 13-19 Oktober 2024.

Ketua Umum KONI Tangsel Letkol (Purn) TNI Hamka Handaru mengatakan beberapa hari menjelang pembukaan pada 13 Oktober, persiapan sudah mencapai 90 persen. Mulai dari sarana dan prasarana yang dipusatkan di Arhanud 1 Kelurahan Pakualam, Serpong Utara, Kota Tangsel. Sesuai agenda, dibuka pada pukul 18.30-22.00 wib.

“Pagi harinya akan diadakan kirab di acara CFD, yang dipusatkan di panggung KONI depan Gedung BNI dekat Teras Kota. Dengan melibatkan 24 atlet peraih medali PON Tahun 2024 dari 12 Cabang Olahraga,” Hamka merinci.

Dimeriahkan senam aerobic massal dengan menghadirkan instruktur senam untuk memandu para atlet, masyarakat, dan pengurus KONI. Serta musik upbeat dan energik untuk membangun semangat partisipan.

Advertisement

“Dalam kesempatan ini juga akan dilakukan launching Maskot dan Theme Song KONI Tangsel,” imbuhnya.

Selain itu akan ada arak-arakan atlet juara dari venue CFD BSD membawa 24 atlet dengan mobil Rantis TNI/Double Cabin dan Bus. Rute kirab atlet keliling sekitar BSD City mengitari panggung, ITC, Hotel Trembesi, Eka Hospital, pom bensin perempatan. Kemudian putar balik, ke arah rumah dinas walikota, ITC BSD dan berakhir di Arhanud Serpong Utara.

“Akan ada mobil pengiring dengan tim musik, bendera dan hiasan simbol prestasi olahraga Kota Tangsel, maskot badut. Partisipasi masyarakat di sepanjang rute menyambut atlet juara dengan sorakan dan kibaran bendera,” Hamka menjelaskan.

Hamka menargetkan Porkot tahun 2024 semakin sukses dari tahun 2023 di Kecamatan Pamulang. Diupayakan keikutsertaan dari 25 cabang olahraga (Cabor) semakin banyak, dengan jumlah ribuan peserta. Berikut cabor yang dipertandingkan, atletik, bola basket, bola voli, bulutangkis, catur, cricket, dayung, futsal, karate, kempo, penahan, panjat tebing, pencak silat, petanque, renang, sepakbola, taekwondo, tenis lapangan, tenis meja, woodball, squash, tinju, menembak, esport, dan sepatu roda.

Advertisement

“Untuk venu pertandingan tersebar di beberapa titik, di Kodiklat, MS Sport BSD City, Arhanud, Yonkav 9/SDK, Kecamatan Serpong Utara, Lapangan Camar Setu, Situ Pondok Jagung, PCC Pamulang, Mall WTC, Brigkav, Lapangan Paku Jaya, PTM Karbonet Setu, ISCI Ciputat, Sasana BBC Cilenggang, Aula Kelurahan Jelupang,” ia merinci.

Adapun jadwal pertandingan masing-masing cabor disesuaikan. Ada yang satu hari, maksimal empat hari. Misalnya karate satu hari selesai, termasuk renang dan lain sebagainya. Tapi bola voli dan panjat tebing misalnya butuh waktu tiga hingga empat hari.

“Mari meriahkan ajang tingkat kota ini dengan cara menghadiri di mana masing-masing cabor dilombakan dari masing-masing kecamatan,” ajaknya.

Hamka kembali menjelaskan Porkot seharusnya diadakan dua tahun sekali, namun di Kota Tangsel dilakukan setiap tahun. “Pada umumnya per dua tahun, tapi di Kota Tangsel diselenggarakan setiap tahun,” ujarnya.

Advertisement

Sambung ia, selain persiapan sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) pada tahun 2026, juga untuk memberikan tempat bagi atlet untuk meningkatkan kemampuan mereka.

”Ini sebagai wadah atlet untuk menguji hasil latihan secara rutin. Artinya semakin banyak mengikuti pertandingan, atlet akan semakin percaya diri dengan kemampuan mereka,” tambah Hamka.

Jika jarang mengikuti event-event tingkat kota dan provinsi maka mereka secara pengalaman akan minim. Dipastikan hasil dari pertandingan tingkat kota ini akan dipersiapkan mengikuti tingkat Provinsi pada 2026.

“Akan kita seleksi, terutama bagi yang juara nanti untuk dipersiapkan tampil di Porprov. Tentu dengan mengikuti pembinaan secara optimal untuk meraih juara umum,” tutupnya. (fid)

Advertisement


Populer